Follow Us

Perang Dunia 3 di Ambang Mata, AS malah Bikin Keruh usai Disebut Nekat Lakukan Operasi Militer di Wilayah Perairan Rusia

Ervananto Ekadilla - Selasa, 15 Februari 2022 | 08:08
Ilustrasi Kapal Selam Amerika Serikat
24h

Ilustrasi Kapal Selam Amerika Serikat

Suar.ID - Perang Dunia 3 di Ambang Mata, AS malah Bikin Keruh usai Disebut Nekat Lakukan Operasi Militer di Wilayah Perairan Rusia.

Menteri pertahanan Rusia berbicara melalui telepon dengan mitranya dari AS pada hari Sabtu.

Saat itu, Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya memperingatkan, perang di Ukraina dapat terjadi kapan saja.

Sebelumnya Moscow mengatakan, kapal angkatan laut Rusia mengejar kapal selam AS di perairan Rusia di Pasifik.

Rusia menuduh, Washington melanggar hukum internasional dan menciptakan ancaman keamanan nasional atas insiden tersebut pada saat ketegangan tinggi antara Moskow dan Washington atas penumpukan militer Rusia di dekat Ukraina.

Sudah menjadi hal biasa bagi Amerika Serikat untuk memantau aktivitas militer yang dilakukan oleh negara lain tanpa harus memasuki wilayah perairannya.

Awak fregat Marsekal Shaposhnikov menggunakan cara untuk membuat kapal selam meninggalkan perairan Rusia, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Dikatakan, Rusia telah memanggil atase pertahanan AS atas insiden tersebut.

Kapal selam itu terlihat di dekat Kepulauan Kuril pada Sabtu pagi.

Saat itu, Rusia sedang melakukan latihan angkatan laut dengan Armada Pasifik dan diperintahkan untuk segera muncul, kata kementerian Rusia.

Dikatakan, perintah itu diabaikan oleh awak kapal selam AS, yang menyebabkan fregat Rusia mengambil tindakan yang tidak ditentukan untuk membuatnya pergi.

Source : CNA, Interfax

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest