Follow Us

Bukannya Berhenti Setelah Dapat Sanksi dari Amerika Serikat, Kim Jong-un Malah Ngamuk dan Makin Gencar Luncurkan Rudal Lagi

Adrie Saputra - Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:37
Kim Jong Un
AFP

Kim Jong Un

Suar.ID - Siapa yang tidak tahu dengan negara Korea Utara?

Negara yang bagaikan penjara raksasa itu selalu membuat uji coba alat tempur baru yang membuat negara tetangga ketar-ketir.

Dinilai meresahkan, Amerika Serikat sampai memberikan sanksi setelah Kim Jong-un meluncurkan uji coba rudal hingga dua kali.

Baca Juga: Kim Jong-un Dikabarkan 'Ngamuk' karena Kena Sanksi AS, Langsung Luncurkan Dua Rudal dan Bikin Negara Tetangga Ketar-ketir

Namun bukannya berhenti, Kim Jo-un malah diduga luncurkan rudal lebih banyak dari sebelumnya, bahkan dua sekaligus!

Mengutip dari metro.co.uk, Korea Utara baru-baru ini dikabarkan telah meluncurkan dua rudal sekaligus dalam kemarahan atas sanksi baru yang dijatuhkan oleh Joe Biden karena uji coba senjata sebelumnya.

Pejabat Korea Selatan mengatakan proyektil kemungkinan telah ditembakkan ke arah timur dari daerah pedalaman Provinsi Pyongan Utara, tetapi masih belum diketahui lokasi rudal itu mendarat.

Baca Juga: Skakmat! Kim Hawt Kini Bongkar Aib Sosok Pocong Lontong, Sebut Pernah Tiduri Sosok Penting, Diduga Pengacara Kondang, Siapa Ya?

Uji coba yang ke-3 itu dilakukan oleh Kim Jong-un hanya beberapa jam setelah mengkritik dorongan Amerika Serikat (AS) untuk sanksi baru atas peluncuran rudal sebelumnya.

Kantor Perdana Menteri Jepang dan Kementerian Pertahanan juga mengatakan mereka mendeteksi peluncuran Korea Utara dan mengatakan itu mungkin rudal balistik.Penjaga pantai Jepang mengeluarkan peringatan keselamatan, mengatakan sebuah objek mungkin sudah mendarat.

Korea Utara luncurkan dua rudal sekaligus karena kena sanksi AS.
Tangkap Layar Metro

Korea Utara luncurkan dua rudal sekaligus karena kena sanksi AS.

AS sebelumnya telah memberlakukan sanksi terhadap lima pejabat yang diduga berperan dalam penyediaan uang, barang, jasa yang terlibat aktif dalam program rudal militer.Salah satu dari lima pejabat berbasis di Rusia, dengan empat lainnya berbasis di China.Sanksi tersebut akan membekukan aset AS apa pun yang dimiliki pejabat itu dan menghentikan orang Amerika melakukan bisnis dengan mereka.

Baca Juga: Pengacara Kim Hawt Minta Doddy Sudrajat Gantikan Uang Rp 2,4 Miliar Setelah Rumah Gala Terancam Disita Negara Gara-gara Laporannya: Harusnya Dia Bersyukur!

Pemerintahan Joe Biden mengatakan akan mengupayakan sanksi baru PBB terhadap Korea Utara.Pengumuman itu datang hanya beberapa jam setelah Korea Utara mengatakan pemimpin Kim Jong-un mengawasi keberhasilan uji coba rudal hipersonik pada hari Selasa (11/1/2022).

Jenis persenjataan yang pertama kali diuji pada September, ketika Kim Jong-un terus mendorong untuk memperluas kemampuan senjata nuklirnya dalam menghadapi sanksi internasional, terkait kesulitan pandemi dan jalan buntu diplomasi dengan AS.

Korea Utara luncurkan dua rudal sekaligus karena kena sanksi AS.
Tangkap Layar Metro

Korea Utara luncurkan dua rudal sekaligus karena kena sanksi AS.

Pihak Korea Utara mengklaim peluncuran itu akan sangat meningkatkan "pencegah perang" nuklir dalam sebuah langkah yang membuat ketegangan di kawasan itu melonjak.Peluncuran rudal pada hari Selasa adalah demonstrasi kedua Korea Utara dari rudal hipersonik.Dalam beberapa bulan terakhir, negara itu telah meningkatkan uji coba rudal baru yang berpotensi berkemampuan nuklir yang dirancang untuk membuat sistem pertahanan di wilayah tersebut.

Source : metro.co.uk, Kompas.com

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest