Follow Us

Viral Pria Lamongan Mampu Buat Pesawat Terbang Sendiri dengan Menggunakan Mesin Mobil, Netizen: Perlu Ada Dukungan dari Pemerintah

Adrie Saputra - Kamis, 16 Desember 2021 | 14:03
Viral pria Lamongan buta pesawat.
Kompas.com

Viral pria Lamongan buta pesawat.

Suar.ID - Seorang pria asal Lamongan, Jawa Timur bernama Suyanto baru-baru ini menjadi sorotan karena mampu membuat pesawat seorang diri.Pria berusia 42 tahun itu mengaku bahwa dirinya sengaja membawa pesawat buatannya ke kampung halamannya untuk menunjukkan pada orangtua dan warga.Ia ternyata ingin membuktikan bahwa anak bangsa juga bisa membuat pesawat sekelas Amerika.

Baca Juga: Bikin Rindu, Mantan Presiden Indonesia Ini Tahu Betul Akar Masalah Minoritas hingga Mampu 'Membebasan' Masyarakat Keturunan TionghoaDikutip dari Kompas.com, Suyanto diketahui merupakan lulusan Sekolah Teknik Menengah (STM).

Pesawat jenis Short Take Off and Landing (STOL) yang dibuat di Ciamis, Jawa Barat, itu berhasil dibawa pulang ke Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Lamongan, Jawa Timur.

Seluruh proses, dari mulai desain hingga pengerjaan dilakukan oleh Suyanto seorang diri.

Baca Juga: Meski Masih Saudara, Beberapa Rakyat Timor Leste Tetap Diciduk karena Masuk ke Wilayah Indonesia Secara Ilegal

"(Pesawat) baru tiba Minggu kemarin, diangkut pakai truk," kata Suyanto, kepada awak media, Rabu (15/12/2021).

Sebelum kembali dirakit di kampung halamannya di Lamongan, pesawat yang dibuat itu lebih dulu dipisahkan menjadi beberapa bagian seperti sayap, baling-baling, hingga roda, agar menjadi lebih mudah saat diangkut dalam truk.

"Untuk bahan, hampir semuanya saya datangkan dari luar negeri," ucap Suyanto.Pesawat jenis STOL hasil karya Suyanto memiliki ukuran panjang 7 meter dan lebar 9 meter dengan kapasitas dua orang penumpang.

Dengan kecepatan maksimal pesawat bisa mencapai hingga 180 Km/jam.

"Durasi terbang bisa sampai 4 jam, dengan kapasitas bahan bakar 80 liter, Pertamax."

"Menggunakan mesin mobil (Honda) Jazz RS 2015," kata Suyanto.

Suyanto menegaskan, pesawat jenis STOL yang dibuatnya ini sudah siap diterbangkan.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest