Follow Us

Meski Masih Saudara, Beberapa Rakyat Timor Leste Tetap Diciduk karena Masuk ke Wilayah Indonesia Secara Ilegal

Adrie Saputra - Kamis, 16 Desember 2021 | 10:03
PLBN Mota Ain
Antaranews

PLBN Mota Ain

Suar.ID - Timor Leste hingga sekarang masih menjadi sorotan.Seperti yang diketahui publik, Timor Leste pernah menjadi bagian dari tanah air dengan nama Timor Timur.Namun sejak referendum PBB tahun 2002, Bumi Lorosae ini akhirnya resmi berpisah dan mengganti namanya menjadi Timor Leste.

Baca Juga: Astaga, Kondisi Ayah Laura Anna yang Tertunduk Lesu Setelah Putrinya Meninggal Dunia Bikin Netizen Tak Kuasa Menahan Tangis: Orang Lain Bikin Hidup Anaknya Hancur!Seperti dilansir Tribun Timur, alasan utama Timor Leste ingin berpisah dari Indonesia tak lain adalah ingin mengelola hasil kekayaan alamnya sendiri.Namun, setelah berpisah dengan Indonesia, nasib Timor Leste kini justru terombang-ambing bak tanpa tujuan.Bahkan, sampai hari ini, Timor Leste sampai hari ini masih belum memiliki mata uang sendiri layaknya negara yang berdaulat pada umumnya.

Baca Juga: Benarkah Laura Anna Meninggal Dunia Akibat Ulkus Dekubitus? Sosok Ini Justru Bongkar Fakta Lain Soal Wafatnya Mantan Kekasih Gaga Muhammad

Saat ini Indonesia terus bertambah maju, namun Timor Leste sepertinya belum menunjukkan tanda-tanda kemajuan pembangunan.

Meski begitu banyak warga Timor Leste nampaknya masih ada ikatan persaudaraan dengan Indonesia.

Bahkan beberapa warga Timor Leste ternyata diam-diam masih masuk ke wilayah Indonesia.Melansir dari Antaranews.com, aparat Kepolisian Resort Malaka sempat menangkap empat pelintas batas asal Timor Leste yang memasuki wilayah Indonesia melalui jalan tikus (ilegal) di wilayah kabupaten Malaka.Kepala Kantor Imigrasi Atambua K. A. Halim juga membenarkan hal itu.Dia mengatakan bahwa ada empat warga Timor Leste itu saat ini sedang ditahan di Polres setempat.

Baca Juga: Keceplosan Ngaku Doyan Pakai Baju Haram saat di Ranjang, Lesti Kejora Mengeluh tak bisa Leluasa Berhubungan Badan dengan Rizky Billar Gegara Lagi Hamil: Enggak bisa Berekspresi

Disebutkan bahwa pihak kepolisian juga kata dia tak menemukan adanya pelanggaran atau kegiatan kriminal yang dilakukan oleh empat warga negara Timor Leste itu.Keempatnya, kata dia, kemungkinan melintas karena mempunyai keluarga di wilayah Indonesia khususnya di sekitar kabupaten Malaka itu."Kita tahu sendiri antara warga Indonesia khususnya di daerah perbatasan masih mempunyai hubungan kekeluargaan serta memiliki budaya yang sama dengan warga dari Timor Leste, bisa saja mereka melintas karena itu," tambah dia seperti yang dikutip dari Antaranews.com.

Source : antaranews.com, Tribun Timur

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest