Follow Us

Tak Terima Dikritik Ujian Praktik SIM C di Indonesia Lebih Sulit Daripada Negara Lain, Sosok Ini Berikan Pembelaan: Mereka Punya Standar Sendiri!

Devi Nirmala Muthia - Senin, 13 Desember 2021 | 07:30
Video perbandingan ujian praktik SIM di Indonesia dengan negara Taiwan.
TikTok/andikdian_

Video perbandingan ujian praktik SIM di Indonesia dengan negara Taiwan.

Suar.ID - Tak terima dikritik lantaran ujian praktik SIM C di Indonesia lebih sulit daripada negara lain, sosok ini berikan pembelaan.

Beberapa waktu terakhir, viral di media sosial perbandingan video ujian SIM antara yang ada di Indonesia dengan di Taiwan.

Dari perbandingan cuplikan video tersebut, nampak perbedaan yang kontras antara ujian SIM yang terjadi di Indonesia dengan Taiwan.

Ujian praktik SIM di Taiwan tampak sederhana dan dinilai lebih mengutamakan kehati-hatian dan keselamatan pengendara.

Sebaliknya, ujian praktik SIM di Indonesia dinilai lebih ugal-ugalan dan seolah tak banyak bermanfaat untuk praktiknya di jalanan.

Melihat konten tersebut viral, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani memaparkan pendapatnya.

Baca Juga: Bikin Geram! Sopir Angkot yang Terobos Palang Pintu Kereta Api hingga Menyebabkan 5 Penumpang Tewas Ternyata Tidak Punya SIM dan Mengonsumsi Narkoba

Cuplikan video perbandingan ujian SIM di Indonesia dan Taiwan yang viral di media sosial.
Instagram/romansasopirtruck

Cuplikan video perbandingan ujian SIM di Indonesia dan Taiwan yang viral di media sosial.

Dikutip dari kompas.com, Agus mengatakan bahwa setiap negara memiliki standar masing-masing dalam menentukan kelayakan seseorang mendapatkan SIM.

Sehingga tidak pas untuk membandingkan materi ujian praktik SIM yang diterapkan di Indonesia dengan yang dipraktikkan di negara lain.

"Sangat tidak pas membandingkan standar uji SIM antar negara. Mereka punya standar tertentu," ucap Agus kepada Kompas.com, Sabtu (11/12/2021).

Source : Kompas.com

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest