Follow Us

Viral Para Penyelam Menemukan Harta Karun Sriwijaya Dan Menjualnya Dengan Harga Murah, Dinas Kebudayaan Langsung Bilang Begini

Moh. Habib Asyhad - Sabtu, 30 Oktober 2021 | 17:09
Aktivitas warga yang diduga mencari harta karun di sekitar Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan.
Sripoku

Aktivitas warga yang diduga mencari harta karun di sekitar Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan.

Suar.ID - Belakangan ini viral kabar beberapa penyelam menemukan harta karun Kerajaan Sriwijaya di dasar Sungai Musi, Sumatera Selatan.

Yang juga bikin geger, para penyelam itu disebut menjual harta karun yang mereka temukan.

Harta karun itu disebut berupa patung Budha hingga perhiasan emas dan permata.

Soal kabar yang beredar itu, Dinas Kebudayaan Palembang langsung angkat bicara.

Menurut Kabid Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Kebudayaan Palembang Rudi Irawan, Pemkot Palembang sejatinya sudah menyikapinya.

Yaitu melalui Peraturan Daerah No 11 Tahun 2020 tentang Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya dalam rangka melindungi cagar budaya yang ada.

Dalam perda itu, "Sebaiknya jika ada yang menemukan barang peninggalan sejarah untuk melaporkan kepada kami," kata Rudi.

Selain melalui Perda tersebut, Rudi juga menambahkan, dalam waktu dekat akan ada Perwali yang mengatur lebih jauh lagi terkait hal itu.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi bersama pihak-pihak terkait terkait Perda yang sudah ada bareng Badan Arkeologi Jambi.

"Kalau kita lihat di pemberitaan itu terkesan kejadian sekarang. Padahal itu sama yang sebelum-sebelumnya," ujar Rudi.

"Tapi nanti dalam waktu dekat kita akan croscek dan Dinas kebudayaan Palembang sekarang lagi berkoordinasi dengan tim ahli cagar budaya Palembang untuk pelestarian kekayaan bawah air di Sungai Musi sebagai cagar budaya, dimana pada 17 November nanti tim ahli cagar budaya melakukan sidang," ungkap Rudi.

Source : Tribunnews.com

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest