Follow Us

Mitos atau Fakta: Benarkah Mengonsumsi Kangkung Bisa Membuat Seseorang menjadi Mengantuk? Ini Kata Ahli

Adrie Saputra - Rabu, 08 September 2021 | 16:33
Resep Kangkung Balacan, Sajian Anti Repot Dengan Rasa yang Mantap
Sajian Sedap

Resep Kangkung Balacan, Sajian Anti Repot Dengan Rasa yang Mantap

Suar.ID - Mungkin Anda pernah mendengar tentang sayuran yang bisa menyebabkan kantuk.

Salah satu sayuran itu adalah kangkung.

Apakah kangkung bisa menyebabkan kantuk itu hanyalah mitos?

Melansir Buku Kontroversi 101 Mitos Kesehatan (2012) karya dr. Florentina R. Wahjuni, mengatakan bahwa makan kangkung bisa membuat kantuk bisa jadi adalah benar.

Seseorang menjadi mengantuk setelah mengonsumsi kangkung karena di dalam kangkung terdapat senyawa kimia sedatif atau zat yang bersifat menenangkan.

Baca Juga: Innalillahi, Demi Cepat Kaya Tanpa Kerja Sampai Tega Congkel Mata Anaknya Demi Pesugihan, Terungkap Orangtua Korban Juga Lakukan Ritual Aneh ini!

Senyawa ini dikenal bisa membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan relaks sehingga menyebabkan orang-orang yang makan tumis kangkung, cah kangkung, maupun lapapan kangkung menjadi lebih mudah mengantuk.

Oleh karena itu, agar terhindar dari kerugian mengantuk akibat senyawa sedatif yang terkandung di dalam kangkung, hindari memakannya, terutama saat sedang melakukan aktivitas padat dan butuh konsentrasi tinggi.

Tidak berlaku pada semua orang Namun, hal ini belum tentu berlaku untuk semua orang karena setiap orang membutuhkan kadar sedatif yang berbeda-beda untuk membuat mereka menjadi mengantuk.

Baca Juga: Minum 24 Botol Bir Sampai Mabuk Berat, Pria Beristri Ini Malah Setubuhi Ibu Dua Anak Sampai Tewas

Jadi ada kemungkinan juga seseorang tetap segar dan tidak mengantuk meski sudah makan sayuran yang memiliki nama ilmiah Ipomoea aquatic atau nama lain seperti water spinach, water morning glory, atau water convolvulus tersebut.

Meski kangkung ini terkenal dapat membuat seseorang mengantuk, tetapi belum ditemukan adanya penelitian ilmiah yang bisa menjelaskan dengan pasti apakah memang kankung benar-benar dapat menyebabkan seseorang menjadi mengantuk.

Source : Kompas.com

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest