Follow Us

Satu Indonesia Nyesel Baru Tahu! Ternyata Begini Cara Mudah Mengatasi Masuk Angin, Siapkan Ini di Dapur Rumah

Adrie Saputra - Senin, 23 Agustus 2021 | 14:31
Ilustrasi anak masuk angin.
Pixabay.com

Ilustrasi anak masuk angin.

Suar.ID - Banyak orang mungkin pernah mengalami masuk angin.Masuk angin adalah kondisi tubuh yang sedang drop yang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Masuk angin bisa jadi merupakan kumpulan gejala dari suatu penyakit.

Baca Juga: Bikin Satu Indonesia Dijamin Senang, Ternyata Begini Cara Mengatasi Diabetis Cuma Pakai Buah Naga, Mudah Banget dan Cepat Atasi Penyakit ini Loh!Melansir dari GridKids.com, orang biasanya disebut mengalami masuk angin jika merasa badan pegal, perut kembung, begah, sering buang angin atau sendawa, mual, batuk, pilek, juga demam.

Hal itu diungkapkan oleh ahli penyakit dalam dari Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, Dr. Mulia Sp. PD.Lalu apa penyebab sebenarnya dari masuk angin?

Bagaimana cara mengatasi masuk angin?Kita cari tahu penyebab masuk angin dan cara mengatasi masuk angin tanpa perlu minum obat, yuk!

Baca Juga: Dihantam Badai Sitokin Hingga Buatnya Nyaris Meninggal Dunia, Rupanya Begini Cara Mengatasi Badai Sitokin yang Dialami Deddy Corbuzier, Vitamin ini Jadi Kuncinya!

Penyebab Masuk AnginPenyebab masuk angin adalah tergantung pada gejala yang dirasakan oleh penderitanya.Namun, umumnya masuk angin timbul karena daya tahan tubuh yang melemah.Nah, untuk mengatasinya, penderita masuk angin bisa mengonsumsi obat yang sesuai dengan gejala yang menyertainya.Akan tetapi, masuk angin juga bisa diatasi dengan beberapa cara tanpa perlu mengonsumsi obat, lho.Beberapa cara mengatasi masuk angin tanpa obat adalah:1. Perbanyak istirahatSaat sedang masuk angin, kita perlu memperbanyak istirahat agar kondisi tubuh segera pulih, Kids.Bahkan, bila perlu kita bisa memperpanjang durasi tidur hingga lebih dari delapan jam di malam hari.Agar nyaman, sebaiknya suhu ruangan tempat kita tidur cukup lembap dan hangat.

Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal Selama Ini Tak Manfaatkan Kulit Bawang Merah, Ternyata Bisa Jadi Cara Mengatasi Penyakit Mematikan Ini

2. Banyak Minum Air PutihMinum banyak air putih sangat penting dilakukan agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi.Hindari pula minuman yang bisa menyebabkan dehidrasi misalnya soda dan minuman berkafein seperti teh, kopi, atau cokelat.Kalau bosan minum air putih, selingi dengan konsumsi jus buah tanpa tambahan pemanis, air lemon hangat, atau konsumsi kuah sup ayam.Minum Seduhan RempahMinuman yang cocok dikonsumsi saat sedang masuk angin selain air putih adalah minuman seduhan rempah.Minuman seduhan rempah seperti jahe, pala, atau kayu manis diketahui dapat melegakan pernapasan dan tenggorokan.Rempah-rempah bisa membantu merangsang produksi air liur sehingga hidrasi dan aliran lendir di tenggorokan akan meningkat.

Nah, agar lebih maksimal khasiatanya, tambahkan pula madu dan perasan lemon, Kids.Madu memiliki sifat alami berupa antibakteri, mengurangi iritasi dan menekan peradangan.O iya, rasa manis pada madu juga bisa melegakan bagian ujung saraf tenggorokan dan mengurangi batuk, lo.

Baca Juga: China dengan Cepat Bisa Bangkit Cuma Butuh Waktu 1 Bulan, Begini Cara Mengatasi Covid-19 Varian Delta

3. Konsumsi Makanan BergiziUntuk mengembalikan kondisi tubuh supaya fit, kita membutuhkan asupan nutrisi dari makanan bergizi.Makanan yang sehat bakal membantu sel darah putih dalam melawan bakteri atau virus yang menyerang tubuh.Asupan yang wajib tecukupi saat sedang masuk angin di antaranya adalah mineral dan vitamin.Untuk itu, siapkan buah dan sayur di dapur rumah Anda.

Bahkan, bila perlu konsumsi juga produk susu, kacang-kacangan, daging, dan hidangan laut.Soalnya, jenis makanan tersebut tinggi seng, zat yang bisa membantu meningkatkan imunitas.

Source : Gridkids.id

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest