Follow Us

Dokter Kaget Bukan Main Saat Melakukan Kolonoskopi pada Pasien, Ternyata Ada Binatang Ini yang masih Hidup di Dalam Usus!

Adrie Saputra - Senin, 16 Agustus 2021 | 18:17
Ilustrasi kolonoskopi
Alodokter

Ilustrasi kolonoskopi

Suar.ID - Dokter yang melakukan kolonoskopi pada pasien berusia 59 tahun terkejut saat menemukan kepik kecil merangkak di dalam usus pria itu.

Bagaimana mungkin serangga bisa masuk ke dalam usus pria itu?

Bahkan kepik tersebut masih hidup!

Itulah pertanyaan yang membingungkan tim medis yang menemukan kepik selama kolonoskopi rutin pada tahun 2019.

Baca Juga: Masyarakat Indonesia Harus Tahu, Saat Tak Ada Tabung Oksigen Begini Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Covid-19, Satu Diantaranya Cuma Pakai Kopi!

Saat menjelajahi usus besar seorang pria berusia 59 tahun untuk mencari jaringan parut, bisul, atau tumor, mereka melihat kepik hidup merayap di bagian dalam usus pria itu. Fakta bahwa kepik bisa masuk ke usus pria itu tetap menjadi misteri, tetapi dokter menduga itu mungkin masuk ke mulutnya saat dia sedang tidur.

Mengenai bagaimana ia berhasil bertahan dari sistem pencernaannya yang utuh, mereka percaya bahwa itu mungkin ada hubungannya dengan persiapannya untuk kolonoskopi.

Baca Juga: Sang Ayah Putuskan Menikah Lagi dengan Janda Satu Anak, Larissa Chou Beri Pesan Haru untuk Anak Alvin Faiz

Agar prosedur mengungkapkan informasi sebanyak mungkin, usus besar harus kosong dan sebersih mungkin, yang melibatkan menahan diri dari makan.Pasien diberi koktail yang mengandung polietilen glikol, pencahar osmotik yang digunakan untuk mengobati sembelit, yang menurut dokter mungkin telah mempercepat perjalanan kepik melalui sistem pencernaan pria itu, melihatnya dengan aman sampai ke usus besar.

Kepik
Pixabay.com

Kepik

"Persiapan kolonoskopi pasien adalah 1 galon polietilen glikol malam sebelum kolonoskopi, dan pemeriksaan kolonoskopi dinyatakan normal," tulis penulis studi kasus yang diterbitkan dalam AGC Case Reports Journal.

"Persiapan kolonoskopinya mungkin telah membantu serangga untuk melarikan diri dari enzim pencernaan di perut dan usus kecil bagian atas."Kepik tersebut diidentifikasi sebagai Harmonia axyridis, yang diperkenalkan ke Amerika Utara sebagai sarana pengendalian hama pada awal 1900-an.

Baca Juga: Bukan Nora Alexandra, Ternyata Sosok Inilah yang Bikin Jerinx Luluh Mau Suntik Vaksin: Dia Yakinkan Saya Kalau Aman

Kepik di dalam usus pasien.
Oddity Central

Kepik di dalam usus pasien.

Studi kasus tidak menyebutkan apakah serangga itu benar-benar berhasil keluar dari usus besar hidup-hidup.Menariknya, ini bukan pertama kalinya serangga hidup ditemukan di usus manusia selama kolonoskopi.

Melalui Twitter, Dr Keith Siau membagikan beberapa studi kasus di mana kecoak juga ditemukan selama kolonoskopi, yang entah bagaimana terdengar jauh lebih mengganggu daripada memiliki kepik.

Source : Oddity Central

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest