Follow Us

Nyesel Baru Tahu Sekarang! Ternyata Begini Cara Mengatasi Masakan yang Kebanyakan Garam

Adrie Saputra - Kamis, 29 Juli 2021 | 10:01
Gambar ilustrasi garam.
Pixabay.com

Gambar ilustrasi garam.

Suar.ID - Bumbu dapur yang satu ini sangat disukai oleh banyak kalangan. Garam kerap digunakan untuk menambah cita rasa asin dan gurih pada masakan.Semua masakan akan terasa jauh lebih enak dan nikmat bila menggunakan garam.Namun Anda juga harus berhati-hati dengan garam karena mengonsumsi makanan yang terlalu asin bisa berbahaya untuk tubuh.

Baca Juga: Ibu Berulah Anak Kena Getah, Gempi Akhirnya Harus Dituntut Dewasa Dini Karena Kena Imbas Atas Video Gisel yang Viral, Anak Gading Marten: Masih Bisa Diperbaiki kan Mami?Melansir dari GridHealth.ID, konsumsi garam terlalu banyak bisa menyebabkan stroke dan penyakit jantung.Lalu, bagaimana cara mengurangi kadar asin pada masakan yang terlanjur dibubuhi banyak garam?Ternyata cara mengurangi kadar asin pada masakan gampang banget lho!Ada lima cara mengurangi kadar asin pada masakan:

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Ternyata Begini Cara Mengatasi Kelaparan Menjelang Tidur Malam Tanpa Takut Berat Badan Naik, Cukup Konsumsi Makanan Ini

1. RendamBeberapa bahan masakan, seperti ikan asin memiliki rasa yang sangat asin, meskipun belum diolah.Untuk mengurangi rasa yang terlalu asin, coba rendam di dalam air selama beberapa jam.Kandungan garam dalam bahan masakan tersebut akan larut di dalam air.Jangan pernah merendam ikan asin bersama koran pembungkusnya karena tidak baik untuk kesehatan.

2. Perhatikan Bahan Yang DigunakanPastikan Anda memperhatikan karakteristik tiap bahan yang akan diolah.Jika memasak dengan bahan asin seperti kecap asin, acar, keju, atau makanan kalengan, sebaiknya penambahan garam sedikit saja.Bahan tersebut sudah mengandung garam.Jika ditambahkan garam lagi terlalu banyak, makanan akan menjadi terlalu asin.Baca Juga: Punya Anak Pedangdut Ternama dengan Bayaran Fantastis, Abdul Rozak Pamer Perhiasan hingga Tuai Reaksi Sahabat Ayu Ting Ting: Emang Sekaya Apa Sih?

3. Tambahkan AsamAir perasan jeruk lemon, cuka, atau asam juga bisa Anda gunakan.Gunakan beberap tetes air perasan jeruk lemon, cuka, atau asam untuk menutupi rasa asin yang berlebihan.Jangan terlalu banyak memasukkan asam, karena rasa asam yang berlebihan akan merusak rasa masakan.4. Tambahkan Makanan Berbahan PatiMenambahkan bahan yang mengandung pati, seperti kentang juga bisa menjadi alternatif.Cara ini bisa digunakan untuk makan berkuah.Pati dalam kentang akan menyerap garam dalam masakan.

Baca Juga: Bikin Heboh Pamer Foto Mesra Berdua, Ayah Ariel Tatum Akhirnya Buka Suara Soal Hubungan Anaknya dengan Mantan Gisel, Dapat Lampu Hijau?

5. Tambahkan airCara cepat untuk mengurangi rasa masakan adalah dengan menambahkan cairan.Cara ini digunakan untuk masakan berkuah, seperti sup atau soto.Cukup tuangkan sedikit air dan biarkan hingga mendidih.Karena air ditambahkan, tambahkan pula bumbu dan rempah lain dalam masakan sesuai resep.Agar tambahan air tidak merubah rasa masakan.

Source : GridHealth.ID

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest