Follow Us

Beradar Foto Mata Penderita Jamur Hitam Bikin Merinding, Begini Gejala yang Kerap Ditemui Pasien

Rahma Imanina Hasfi - Selasa, 27 Juli 2021 | 06:00
Foto mata penderita jamur hitam bikin merinding, ini cara mencegahnya.
PTI Photo

Foto mata penderita jamur hitam bikin merinding, ini cara mencegahnya.

Suar.ID - Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, kini penyakit jamur hitam membayangi kehidupan. Foto mata penderita jamur hitam bikin merinding, ini cara mencegahnya.

Infeksi jamur hitam atau mukormikosis pertama kali dilaporkan merebak di India di tengah kasus Covid-19 yang tinggi. Infeksi jamur hitam menyerang dengan agresif dan sulit diobati.

Dokter di India melaporkan, kasus infeksi jamur hitam melonjak di antara pasien Covid-19. Sebenarnya, siapa saja bisa terinfeksi jamur hitam. Namun, mereka yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, lebih rentan terkena infeksi jamur hitam.

Baca Juga: Satu Indonesia Tak Sadar, Nyatanya Jamur Hitam India Sudah Masuk Indonesia, Gejala ini Wajib Anda Waspadai Hingga Begini Cara Mengatasnya...

Lebih dari 4.300 orang telah meninggal dunia akibat jamur hitam di India yang umumnya menyerang pasien-pasien Covid-19.

India melaporkan 45.374 kasus penyakit langka ini, yang dalam dunia medis disebut mucormycosis, menurut Menteri Kesehatan India, Mansukh Mandaviya. Dr Raghuraj Hegde, seorang dokter bedah mata di Bangalore, telah menangani banyak pasien jamur hitam.

Kepada BBC, dia mengaku "kasus-kasus dan kematian [akibat mucormycosis] banyak terjadi tapi tidak tercatat" secara resmi.

"Biasanya kematian akibat mucormycosis terjadi beberapa pekan hingga bulan setelah terkena penyakit ini. Sistem kami yang ada saat ini tidak bagus untuk menangkap data," ujar Hegde.

Alasan mengapa kasus-kasus tidak tercatat juga disebabkan diagnosa sulit dilakukan di rumah sakit kecil dan di pedesaan. Hanya sedikit pasien yang dirawat di rumah sakit di kota besar, tambah Hegde.

Sejumlah dokter mengamini bahwa banyak pasien meninggal dunia sebelum dirawat di rumah sakit. Kemudian, sejumlah pasien yang sudah ditangani dan telah sembuh tampak kambuh.

Foto mata penderita jamur hitam bikin merinding, ini cara mencegahnya.
PTI Photo

Foto mata penderita jamur hitam bikin merinding, ini cara mencegahnya.

Baca Juga: Jangan Salah Duga, Jamur Hitam Ternyata Sudah Ada di Indonesia Jauh Sebelum Pandemi, Ini Dia Gejala yang Perlu Kita Kenali Agar Tubuh Kita Tidak Terinfeksi

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest