Follow Us

Viral Poster Penyambutan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia yang Desainnya Dinilai Tak Lazim, Netizen: Kaya Poster Film Azab

Adrie Saputra - Rabu, 16 Juni 2021 | 10:33
Poster penyambutan mahasiswa baru UI
Instagram

Poster penyambutan mahasiswa baru UI

Suar.ID - Baru-baru ini, akun Twitter @wildanzalfi28 memposting sebuah poster yang menarik perhatian netizen.Ternyata itu adalah poster dari Universitas Indonesia (UI).Poster tersebut cukup unik karena menampilkan sejumlah mahasiswa UI berjaket kuning dengan latar awan dan langit biru cerah. Poster penyambutan mahasiswa baru UI itu pun viral di media sosial karena dianggap memiliki desain yang tak lazim.

Baca Juga: Bakal jadi Momen Seumur Hidup yang Tak Terlupakan, Lihat Ekspresi Pemuda yang Dapat 'Kejutan' dari Polisi di Hari Ulang TahunnyaNetizen juga menilai desain poster tersebut mirip poster sinetron.Akun @wildanzalfi28 menulis, "Poster Sambutan Maba Revisi.jpg Semangat! Dibuat belajar ya biar Sekelas UI."Dia pun merevisi poster tersebut, menurutnya ada mahasiswi yang kepalanya beda ukuran, mahasiswa yang jaketnya di-flip hingga tulisan yang kurang tepat.Mengutip dari Kompas.com, pihak Universitas Indonesia akhirnya buka suara terkait viralnya poster penyambutan mahasiswa tersebut.

Baca Juga: Bikin Warganet Terenyuh, Gadis Cantik ini Tiap Hari Terpaksa Ngamen Pakai Baju Badut Almarhum Sang Ayah Bantu Perekonomian Keluarga, Sering Kali Malah Dapat Ejekan dari Tetangga, Netizen: Merinding Ya Allah...

Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Amelita Lusia menyebut, desain poster itu memang sengaja dibuat demikian. Menurut Amelita, perencanaan pembuatan poster itu telah dilakukan secara matang dibanding poster-poster terdahulu. Pasalnya, pihak UI terlebih dahulu melakukan serangkaian riset dan rapat internal. "Memang sudah kami rencanakan. (Poster) kami kelihatannya tidak serius, tapi kami mengerjakannya dengan serius."

Poster penyambutan mahasiswa baru UI
Twittwr

Poster penyambutan mahasiswa baru UI

"Kami bikin ini dengan riset dan rapat yang cukup panjang untuk membahas ini," kata Amelita kepada Kompas.com, Selasa (15/6/2021). "Apa pun masukan itu kami sangat berterima kasih. Artinya publik memang memperhatikan UI," lanjutnya.Menurut Amelita, desain poster yang dianggap tak lazim itu justru merupakan strategi komunikasi dari phihak UI.

Baca Juga: Usai Video Berhubungan Badannya Dengan Pria Medan Viral Gisel Malah Digadang-gadang Bakal Rujuk Lagi Dengan Gading Marten, Mantan Mertua Cuma Bisa Bilang Begini

Salah satunya, target audience notabene mahasiswa-mahasiswi generasi Z yang terbiasa dengan kultur internet, salah satunya meme. "Selama ini, postingan di medsosnya UI memang sudah ada pakemnya, sudah ada template, style-nya, kemudian style-nya bagi sebagian orang terlalu mainstream. Nah, ketika keluar (dari pakem) seperti ini, jadi ramai," ungkap Amelita. "Ini out of the box, walaupun bagi sebagian orang mengagetkan."

Poster penyambutan mahasiswa baru UI
Dokumen UI

Poster penyambutan mahasiswa baru UI

"Kita mengetes juga, ternyata orang memperhatikan UI. Itu semua di tim kami memang sudah rapat.""Mahasiswa sekarang memang berbeda cara mereka mengonsumsi konten," jelas dia.Postingan tentang poster UI itu pun dounggah ulang oleh akun @katakitaig dan mendapatkan banyak respon dari netizen.

Baca Juga: Viral Video Bupati Solok Ngamuk Saat Sidak ke Puskesmas Tanjung Bingkung karena UGD Tutup jam 5 Sore, Netizen: Pelayanan Kemanusiaan Itu Harusnya Ga Dibatasi Waktu Kerja

"Kaya poster film Azab di tv euy," tulis akun @hendiemansuherman.

"Wah sukses mereka bikin. Tujuannya kan diperhatikan banyak orang, dan yaa sukses," tulis akun @bayuariewicaksono."Anak langit wkwkwk," tulis akun @wahyuniastina."Karna ini UI makin terkenal. Bagus dong," tulis akun @dharreno_.

Source : Kompas.com, instagram.com, twitter.com

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest