Suar.ID – Lahir di Winnipeg, Manitoba, pada 11 Desember 1889, Coulson Norman Mitchell lulus dari Universitas Manitoba pada tahun 1912 dengan gelar di bidang teknik sebelum memulai tur sepeda di Inggris dan Skotlandia bersama ayahnya.
Sekembalinya ke Kanada, pemuda itu menerima posisi sebagai insinyur konstruksi dan pada tahun 1913 membantu memperbaiki lift biji-bijian di tepi rel di sisi timur Winnipeg ketika penurunan tanah mengancam akan meruntuhkannya.
Keterampilan yang dia pelajari saat bekerja akan terbukti sangat berharga dalam perang yang akan datang.
Mitchell kemudian mendaftar sebagai pencari ranjau di Canadian Engineers pada 10 November 1914.
Saudaranya, Stanley dan Gladstone juga mendaftar, namun meninggal karena usus buntu sebelum meninggalkan Kanada, sedang yang terakhir menjadi korban luka tembak pada akhir 1917.
Pada bulan Juni 1915 Coulson, yang dipanggil ‘Mike’ oleh keluarga dan teman-temannya, tiba di Inggris dengan Canadian Expeditionary Force (CEF), dan dua bulan kemudian dia berlayar ke Prancis.
Dia segera dikirim ke Alveringem, Belgia, dengan Korps Konstruksi Kereta Api Luar Negeri Kanada, terikat dengan tentara Belgia sebagai pembuat terowongan yang terlibat dalam operasi penambangan dan penanggulangan.
Sekembalinya ke Inggris pada musim gugur itu, Mitchell dipromosikan menjadi sersan, dan pada musim semi 1916 ia diangkat menjadi letnan.
Dia kembali ke Prancis pada musim panas itu dan pada bulan Desember dianugerahi Victorian Cross karena keberaniannya yang mencolok di tengah operasi penyerangan.
Pada musim semi 1918 Mitchell dipromosikan menjadi kapten dan segera ditugaskan ke Batalyon Insinyur Kanada ke-4, mendukung Divisi Infanteri Kanada ke-2.