Follow Us

Awas! Covid-19 dan Merokok Adalah Kombinasi yang Sangat Mematikan!

Adrie Saputra - Kamis, 13 Mei 2021 | 16:33
Gambar ilustrasi rokok dan corona.
Pixabay.com

Gambar ilustrasi rokok dan corona.

Suar.ID - Pada Desember 2019 ketika beberapa kasus pertama Covid-19 pada manusia dilaporkan di Kota Wuhan, China, tidak ada yang mengantisipasi bahwa penyebaran cepat di seluruh dunia akan terjadi.

Dalam 14 bulan terakhir, virus telah menginfeksi banyak orang di seluruh dunia.

Di tengah meningkatnya kasus, kita tidak boleh menurunkan kewaspadaan, tetapi secara ketat mematuhi protokol kesehatan seperti social distancing, praktik higienis, dan mengenakan masker.

Baca Juga: Hanya Karena Iri Lihat Kapal Induk Amerika, Rusia Sampai Nekat Bangun Kapal Selam Nuklir Terbesar pada Masanya, Namun Tenggelam dan Membunuh 118 AwaknyaPada saat yang sama, Pemerintah harus melakukan semua upaya - mulai dari memperkuat sistem perawatan kesehatan dan meningkatkan dorongan inokulasi, hingga menutup celah di mana pun virus corona baru mengancam masuk.

Dalam konteks ini, langkah signifikan yang diambil oleh beberapa negara tentang larangan penggunaan produk tembakau dan meludah di tempat umum untuk mencegah penyebaran infeksi virus corona.

Meludah di tempat umum memudahkan penyebaran kuman dan penyakit.

Baca Juga: Dulu Sama Ariel NOAH Terjerat Kasus Video Asusila, Luna Maya Ternyata Pernah Ditawar 600 Untuk Temani Pengusaha Jalan-jalan Ke Luar Negeri: Aku Kaya Nggak Punya Harga Diri

Karena Covid-19 terutama ditularkan melalui pernapasan, baik dihirup oleh orang lain yang berdiri di dekatnya atau melalui tetesan yang diambil dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi.Negara-negara seperti Assam, Chandigarh, Delhi, Jharkhand, Haryana, Gujarat, Karnataka, Madhya Pradesh, Odisha, dan Uttar Pradesh sudah menghukum pelanggar karena meludah di tempat umum.

Ini bertujuan untuk mencapai tujuan ganda - menahan penyebaran Covid-19, serta mendorong orang untuk berhenti merokok, yang merupakan beban besar bagi ekonomi dan sistem perawatan kesehatan India.

India misalnya, memiliki jumlah pengguna tembakau terbesar kedua (268 juta atau 28,6% dari semua orang dewasa di India) di dunia.

Dari jumlah tersebut setidaknya 1,2 juta meninggal setiap tahun akibat penyakit terkait tembakau - satu juta kematian karena merokok dan lebih dari 200.000 karena paparan asap rokok orang lain.

Total biaya langsung dan tidak langsung dari penyakit yang disebabkan oleh penggunaan tembakau sangat mengejutkan sebesar INR 177.340 crore yang hampir 1,04% dari PDB India.

Source : timesnownews.com

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest