Hanya Karena Iri Lihat Kapal Induk Amerika, Rusia Sampai Nekat Bangun Kapal Selam Nuklir Terbesar pada Masanya, Namun Tenggelam dan Membunuh 118 Awaknya

Senin, 26 April 2021 | 14:47
popularmechanics.com

kapal selam nuklir K-141 Kursk milik Rusia.

Suar.ID- Duka mendalam masih dirasakan seluruh warga Indonesia terhadap tragedi tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402.

Sempat dilaporkan hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) lalu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengumumkan KRI Nanggala-402subsunk dan berstatus 'on eternal patrol' atau 'berpatroli selamanya' padaSabtu (24/4/2021).

Tidak sampai disitu, esok harinya, Minggu(25/4/2021), TNI AL melaporkan bahwaKRI Nanggala-402 telah ditemukan.

Baca Juga: Tahu Anaknya Mau Berlayar, Ini Komunikasi TerakhirKomandan KRI Nanggala-402 dengan Sang Ibunda, NgakuPernah Masuk ke Dalam Kapal Selam Itu, 'Ya Allah, Kami Nggak Nyangka'

Kapal selam Indonesia itu berada dikedalaman 838 meter dalam keadaan terbelah menjadi tiga bagian.

Informasi itu lantas mengonfirmasi bahwa 53 awak kapalKRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur.

Soal tragedi kapal selam tenggelam, Rusia pernah merasakannya juga.

Tepatnyalima kali ketika masih menjadi Uni Soviet dan dua kali setelah menjadi Rusia.

Namun tragedi kapal selam Rusia yang satu ini benar-benar yang terburuk.

Mengapa?

Baca Juga: Prosesi PemakamannyaSangat Emosional, Para Pengusung Jenazah Pangeran Philip Ternyata Bukan Orang Sembarangan,'Semuanya Anggota Militeryang Dipilih Secara Khusus'

Dilansir daripopularmechanics.compada Senin (26/4/2021), pada tahun 2000, tepatnya12 Agustus 2000, kapal selam nuklir Rusia,K-141 Kursk, tenggelam diLaut Barents.

Disebutkan sebuah ledakan besar menenggelamkan kapal selam raksasa bertenaga nuklir tersebut.

Sebelum tragedi itu, salah satu kekhawatiran terbesar Uni Soviet selama Perang Dingin adalah armada kapal induk Amerika Serikat (AS).

Uni Soviet melihat kapal induk Amerika sebagai platform pengiriman yang mampu meluncurkan serangan udaranuklir ke tanah dan air.

Lalu Uni Soviet menghabiskan banyak uang untuk sistem senjata yang dimaksudkan untuk memburu kapal indukAS di masa perang.

Kapal selam kelas Antey adalah salah satu solusi tersebut.

Kapal selam itu, yang dijuluki "Oscar II" oleh NATO, merupakan kelas besar kapal bertenaga nuklir yang dirancang untuk membunuh kapal besar — ​​terutama kapal induk.

Oscar II memiliki panjang 508 kaki dengan lebar hampir 60 kaki dan bobot 19.400 ton.

Untuk mengimbangi kapal induk bertenaga nuklir AS, masing-masing kapal selam Soviet ditenagai oleh dua reaktor nuklir OK-650 yang bersama-sama menyediakan 97.990 tenaga kuda kapal.

Kekuatan seperti itu memberi mereka kecepatan tertinggi 33 knot di bawah air.

Oscar II pun terlihat besar karena membawa rudal besar.

Rudal tersebut memiliki kecepatan tertinggi Mach 1.6, jangkauan 388 mil, dan menggunakan sistem penargetan satelit Legenda yang sekarang sudah tidak berfungsi untuk mencapai target kapal induk musuh.

Baca Juga: 73 Tahun Dampingi Ratu Elizabeth IIhingga Menghebuskan Napas Terakhirnya, Ini 4 Fakta Pangeran Philipyang Jarang Diketahui, 'Rela Lakukan Apapun demi Membahagiakan Sang Istri'

Alhasil, 13 kapal selam Oscar I dan Oscar II dibangun, termasuk K-141 — juga dikenal sebagai Kursk.

Torpedo yang gagal

Kursk selesai pada tahun 1994 dan ditugaskan ke Armada Utara Rusia.

Pada 15 Agustus 2000, Kursk terlibat dalam latihan armada besar, bersama dengan kapal induk Admiral Kuznetsov dan battlecruiser Pyotr Velikity.

Kursk dipersenjatai penuh dengan misil hingga torpedo Granit dan akan melakukan simulasi serangan terhadap Kuznetsov.

Pada pukul 11:20 waktu setempat, ledakan bawah laut mengguncang area latihan, diikuti dua menit kemudian oleh ledakan yang lebih besar lagi.

Terkena ledakan, Kursk tenggelam di kedalaman 354 kaki pada sudut vertikal 20 derajat.

Salah satu ledakan membuatretakan besar di busur depan, dekat kompartemen torpedo.

Dewan penyelidikan Angkatan Laut Rusia kemudian menentukan bahwa salah satu torpedo kelas berat kapal selam Type 65-76A telah meledak.

Ledakan itu kemungkinan besar disebabkan oleh kesalahan pengelasan yang gagal menahan ruang bahan bakar hidrogen peroksida.

Seperti banyak torpedo, Type 65-76As menggunakan hidrogen peroksida sebagai bahan bakar bawah air.

Baca Juga: Terkenal Miliki Paras Tampan dan Kaya Raya, Ternyata Pangeran Harry Jago Terbangkan Heli Tempur dan Kerap Jalankan Misi Berbahaya, Bahkan Nyaris Diculik Taliban!

Bahayanya, senyawa kimia ini bisa meledak jika bersentuhan dengan senyawa organik atau kebakaran.

Jadi apa yang terjadi di atas kapal selam nuklir K-141 Kursk?

Kemungkinan besar rangkaian kejadiannya adalah seperti ini: Kebocoran hidrogen peroksida memicu kebakaran, yang pada gilirannya meledakkan hulu ledak ledak tinggi.

Itulah yang membuat retakandi lambung di atas bagian torpedo.Sementara ledakan kedua adalah ledakan torpedo yang tersisa di kapal selam.

Tenggelamnya Kursk tidak membunuh semua 118 awaknya — setidaknya tidak langsung.

Salah satu perwira kapal, Letnan Kapten Dmitri Koselnikov meninggalkan catatan bertanggal dua jam setelah ledakan kedua yang mencatat 23 korban selamat.

Meskipun ada upaya penyelamatan yang terorganisir dengan tergesa-gesa, termasuk tim penyelamat Inggris dan Norwegia, pemerintah Rusia tidak dapatmenyelamatkan siapa pun yang selamat tepat waktu.

Bangkai kapal selam ditemukan pada tahun 2001 dan dikembalikan ke galangan kapal selam Angkatan Laut Rusia di Roslyakovo.

Sehingga dikonfirmasi semua awak K-141 Kursk tewas.

Baca Juga: Pantas SajaFinlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Tidak Ada Copet, Begal, hingga Rampok, Bahkan Pengangguran Saja Dapat Rp13 Juta per Bulan!

Editor : Mentari DP

Baca Lainnya