Belum Pernah Ditemukan Sebelumnya, Lubang Hitam Kecil Terdeteksi Muncul Dekat Bumi, Apa Itu?

Muflika Nur Fuaddah - Minggu, 25 April 2021 | 15:01

Intisari-Online.com - Sebuah lubang hitam muncul di dekat planet kita.

Dilansir dari Science Alert, Jumat (23/4/2021), diperkirakan lubang hitam tersebut berada kira-kira 1.500 tahun cahaya dari Bumi.

Untungnya, lubang hitam yang terdeteksi dekat planet Bumi ini cukup kecil.

Astronom menyebutnya sebagai kandidat lubang hitam terdekat yang belum ditemukan oleh ilmuwan planet.

Baca Juga: Masih Ada Harapan! Sosok Ini sebut Masih Ada Aktivitas di Dalam Kapal KRI Nanggala 402 yang Tenggelam

Letak lubang hitam dekat Bumi tersebut berada di dalam konstelasi galaksi Bima Sakti yang dikenal sebagai konstelasi Monoceros.

Karena lubang hitam kecil dekat Bumi ini diklaim belum pernah ditemukan sebelumnya, tim peneliti dari Ohio State University, Amerika Serikat, menamakannya Unicorn, yang merujuk lubang hitam, yang berada di tepi galaksi dan sifatnya sangat langka.

"Saat kami melihat datanya, lubang hitam (Unicorn) ini, muncul begitu saja," kata astronom Tharindu Jayasinghe.

Sejak dahulu kala, lubang hitam yang kecil hingga lubang hitam supermasif raksasa telah menggerakkan jantung galaksi.

Baca Juga: Disebut Tega Jatuhkan Ibu Sambungnya Sendiri, Putri Delina Banjir Hujatan usai Nathalie Holscher Minggat dari Rumah Sule hingga Singgung Soal Dendam: Terpenting Semuanya yang Rasain Putri!

Teori memprediksi bahwa lubang hitam dapat muncul dalam berbagai massa atau ukuran.

Namun, saat sampai pada lubang hitam yang dibentuk oleh inti bintang mati yang runtuh, selama bertahun-tahun para astronom telah menemukan beberapa 'celah massa'.

Editor : Suar