Follow Us

Ada 250 Virus Zoonosis di Dunia, Virus-virus Inilah yang Paling Mungkin Memicu Pandemi Berikutnya Menurut Para Ilmuwan

Muflika Nur Fuaddah - Senin, 12 April 2021 | 18:30
kelelawar buah Mesir (Rousettus aegyptiacus)

kelelawar buah Mesir (Rousettus aegyptiacus)

Suar.ID - Sebuah alat telah memberi peringkat terhadap virus berdasarkan potensi menularnya dari hewan ke manusia dan menyebabkan pandemi.

Virus corona baru SARS-CoV-2 adalah patogen terbaru yang "menyebar" dari hewan ke manusia.

Tetapi ratusan ribu virus lain yang bersembunyi di hewan dapat menimbulkan ancaman serupa.

Sekarang, alat online baru memberi peringkat virus berdasarkan potensinya untuk berpindah dari hewan ke manusia dan menyebabkan pandemi.

Baca Juga: Nasi Sudah Menjadi Bubur, Atta Halilintar Nekat Bongkar Kelakuan Istri yang Seperti Ini di Atas Ranjang, Aurel Hermansyah: Bohong!

Alat, yang disebut SpillOver, pada dasarnya membuat "daftar pantauan" dari virus hewan yang baru ditemukan yang menimbulkan ancaman terbesar bagi kesehatan manusia.

Para peneliti berharap alat ini dapat diakses terbuka dan digunakan oleh ilmuwan lain.

"SARS-CoV-2 hanyalah satu contoh dari ribuan virus di luar sana yang berpotensi menyebar dari hewan ke manusia," Zoe Grange, yang memimpin pengembangan SpillOver sebagai peneliti pascadoktoral dengan One Health Institute di University of California, Davis (UC Davis), mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Kami tidak hanya perlu mengidentifikasi, tetapi juga memprioritaskan, ancaman virus dengan risiko limpahan terbesar sebelum pandemi dahsyat lainnya terjadi."

Baca Juga: Bak Tabuh Genderang Perang, Hotma Sitompul Sebut Hotman Paris 'Banci Tampil' usai Bantu Kasus Desiree Tarigan Sang Pengacara Flamboyan Beri Balasan Menohok: Saya tidak Menganggap Dia Saingan Hotman

Risiko Virus

Editor : Muflika Nur Fuaddah

Baca Lainnya

Latest