Follow Us

Fakta Unik Kepulauan Diomede: Punya Perbedaan Waktu 21 Jam, Padahal Jaraknya Dekat

Adrie Saputra - Rabu, 03 Maret 2021 | 13:30
Kepulauan Diomede
Oddity Central

Kepulauan Diomede

Suar.ID - Kepulauan Diomede terkenal sebagai salah satu dari sedikit tempat di mana Anda dapat melakukan "perjalanan waktu".Ada garis penangalan internasional, dimana garis imajiner membentang antara dua pulau.

Kepulauan Diomede terletak di tengah-tengah Selat Bering antara daratan utama Alaska dan Siberia , yang berbatasan dengan Laut Chukchi di utara dan Laut Bering di selatan.

Garis ini melintas dari timur ke barat, jadi Anda perlu menyetel jam Anda maju satu hari, begitu pula bila Anda menyeberang dari barat ke timur, Anda akan perlu menyetelnya kembali satu hari.

Baca Juga: Benar-benar Tajir Nggak Ketulungan, Inilah Wanita yang Beli Pulau Lantigiang, Suaminya Ternyata Bukan Orang Sembarangan!

Garis penanggalan internasional membentang dari kutub Utara ke Selatan, tetapi tidak lurus, melainkan zig-zag - ini mempertimbangkan berbagai batasan politik.

Kebetulan garus melewati tepat di antara Kepulauan Diomede, di Laut Bering, memungkinkan Anda untuk melintasi waktu sangat cepat hanya dengan menempuh jarak 3,8 km saja.Kedua pulau ini tidak hanya memiliki dua negara berbeda tetapi juga perbedaan waktu 21 jam!

Baca Juga: Viral Pulau Lantigiang Selayar Dijual Seharga Rp 900 Juta, Terungkap Sosok Bukan Kaleng-kaleng yang Jadi Pembelinya, Rupanya Seorang Direktur yang Kerap Wara-wiri Luar Negeri!

Karena jaraknya yang tidak begitu jauh, Anda sebenarnya dapat melihat salah satu bagian Pulau Diomede dari sisi pulau yang lain, yang secara teknis berarti Anda dapat melihat ke masa depan, atau masa lalu.

Wah semacam melakukan perjalan waktu atau time travel ya?

Biasanya, Anda perlu berlayar atau berenang di antara dua Pulau Diomede, tetapi selama musim dingin, sebuah jembatan es diduga terbentuk di antara mereka pulau, memungkinkan Anda berjalan dari satu sisi ke sisi yang lain.

Kepulauan Diomede
Oddity Central

Kepulauan Diomede

Sayangnya, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Source : Oddity Central

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest