Follow Us

Inilah Syarat dan Dokumen Penumpang Kapal Pelni yang Wajib DImiliki di Masa New Normal

Ervananto Ekadilla - Kamis, 09 Juli 2020 | 21:00
Begini persyaratan penumpang Kapal Pelni di era new normal.
Tribun Travel

Begini persyaratan penumpang Kapal Pelni di era new normal.

Suar.ID - Saat ini beberapa daerah di Indonesia sudah melaksankan new normal.

Segala aktifitas yang dahulu dilakukan kini akan mulai berjalan seperti biasanya, namun memerhatikan protokol kesehatan.

PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) mematuhi pelaksanaan skenario new normal pada kegiatan operasional dengan memerhatikan protokol Covid-19.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Kepala Kesekretariatan Pelni Yahya Kuncoro mengatakan, pihaknya sudah memiliki skenario dan siap diterapkan di atas kapal.

Baca Juga: Begini Tips Aman Berbelanja agar tak Tertular Covid-19 di Masa New Normal

Adapun protokol diterapkan kepada para kru, proses embarkasi dan debarkasi, layanan makan minum, serta protokol terhadap beberapa penggunaan fasilitas di kapal.

"Berkenaan dengan protokol kesehatan, kami akan lakukan rapid test kepada ABK (anak buah kapal) maupun mitra yang akan bertugas di atas kapal untuk memastikan kondisi kesehatannya layak untuk bertugas," kata Yahya.

"Faktor kesehatan, kenyamanan, dan keamanan dalam pelayaran adalah prioritas utama kami," lanjutnya.

Ia menambahkan, selain menjaga kebersihan serta menerapkan physical dan social distancing, Manajemen juga menyusun strategi guna melindungi seluruh kru kapal serta penumpang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Perguruan Tinggi Out of the Box di Tengah Pandemi: Kuliah Daring sudah jadi New Normal, bahkan Next Normal

Strateginya mulai dari pembatasan penumpang maksimal 50 persen dari kapasitas, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) secara lengkap bagi kru kapal, hingga membatasi interaksi atau pertemuan fisik dengan penumpang.

Source : Kompas.com

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest