Follow Us

Surabaya sudah Menjadi Zona Hitam Penyebaran Covid-19, Presiden Jokowi Minta Para Peneliti Indonesia segera Temukan Vaksin Corona agar dapat Diproduksi Akhir Tahun

Ervananto Ekadilla - Jumat, 05 Juni 2020 | 11:00
Presiden Jokowi minta vaksin covid-19 harus sudah siap pada akhir tahun.
Tribunnews

Presiden Jokowi minta vaksin covid-19 harus sudah siap pada akhir tahun.

Suar.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para peneliti di Indonesia untuk segera menemukan vaksin Covid-19.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy usai rapat terbatas, Kamis, (4/6/2020).

"Terkait vaksin, Indonesia harus mandiri."

"Target Indonesia bisa memproduksi akhir tahun ini, sehingga tadi Presiden menginstruksikan peneliti kita untuk mencari, menemukan vaksin untuk digunakan Indonesia sendiri," kata Muhadjir, melansir dari Tribunnews.

Ilustrasi vaksin corona.
Fresh Daily

Ilustrasi vaksin corona.

Baca Juga: Waduh, Ketua Penanggulangan Covid-19 di Indonesia Ini Ungkapkan Sangat Mungkin Kita Hidup Selamanya dengan Virus Corona! Begini Penjelasannya

Meski terdapat 147 lembaga di dunia yang saat ini sedang menyusun vaksin, namun menurut Muhadjir lembaga tersebut akan memprioritaskan untuk negaranya sendiri.

"Sementara kita punya 270 juta warga, sehingga mau tidak mau tidak mungkin mengandalkan impor, jadi harus siap siap melakukan riset vaksin untuk indonesia sendiri," katanya.

Selain itu menurut Muhadjir, Presiden juga meminta alat untuk mengambil sampel di tenggorokan sebagai bagian dari tes Polimerase Chain Reaction (PCR) bisa diproduksi di dalam negeri.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.
Dok. Kompas

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Baca Juga: Dari Balik Dinginnya Jeruji Penjara, Mantan Menkes Era SBY Ini Berikan Pesan bagi Indonesia Mengenai Virus Corona yang tak akan Hilang meski Vaksin sudah Ditemukan: Berpikirlah Saudaraku Setanah Air

Source : Tribunnews

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest