Follow Us

Korea Selatan Yakin Kim Jong-un Masih Hidup dan Mengetahui Posisinya, Emang di Lagi di Mana?

Adrie P. Saputra - Rabu, 29 April 2020 | 17:00
Kim Jong Un
Kolase

Kim Jong Un

Suar.ID - Seorang pejabat Korea Selatan menyatakan, pemerintahnya tahu di mana Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, berada.

Kabar itu menjadi babak baru di tengah absennya Kim selama lebih dari dua pekan terakhir, memunculkan berbagai spekulasi tentang kondisi kesehatannya.

"Pemerintah paham di mana lokasi Kim Jong Un," kata Menteri Unifikasi Kim Yeon-chul saat menjawab pertanyaan dalam sidang parlemen.

Baca Juga: Kabar Sedih Kembali Diungkap Ashanty, Tumor di Rahim ART Kesayangannya Ternyata Bukan hanya Satu, Mohon Doa

Dikutip Bloomberg News via New York Post Selasa (28/4/2020), Kim Yeon-chul tidak menjabarkan informasi seperti apa yang Korea Selatan dapatkan.

Menteri Luar Negeri Kang Kyung kemudian mendapat pertanyaan apakah Seoul sudah memberikan informasi ini kepada Presiden AS Donald Trump.

Kang menjawab bahwa presiden dari Partai Republik itu sudah melakukan kontak dengan pejabat mereka, jadi seharusnya dia diberi tahu.

Baca Juga: Dianjurkan saat Bulan Ramadan, Ahli Beberkan Waktu Berolahraga yang Ideal saat Berpuasa

Sang menlu kemudian mengklarifikasi bahwa Trump sudah mengetahui mengenai kondisi Kim Jong Un. Namun, tidak dengan lokasinya.

Saat konferensi pers Senin (27/4/2020), Trump menuturkan dia tahu seperti apa kondisi Pemimpin Korea Utara itu, dengan publik bakal mendapat informasinya "tak lama lagi".

"Saya tak bisa memberitahukannya pada kalian. Ya, saya punya kabar baik. Tapi saya tak bisa mengatakannya. Saya hanya bisa mendoakan yang terbaik," kata dia.

Pada hari yang sama, media pemerintah Korea Utara mempublikasikan surat yang ditengarai berasal dari Kim, ditujukan kepada para pekerja.

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest