Follow Us

Warga Heboh Dapat Nasi Bungkus Bertuliskan 'Nasi Anjing', Sosok ini Sebut Hal Tersebut Kurang Patut: Sangat Tidak Sensitif!

Aditya Eriza Fahmi - Senin, 27 April 2020 | 11:00
Warga Tanjung Priok, Jakarta Utara menerima bantuan makanan siap santap yang berlogo kepala anjing disertai tulisan Nasi Anjing, Nasi Orang Kecil, Bersahabat dengan Nasi Kucing #Jakartatahanbanting.
Istimewa

Warga Tanjung Priok, Jakarta Utara menerima bantuan makanan siap santap yang berlogo kepala anjing disertai tulisan Nasi Anjing, Nasi Orang Kecil, Bersahabat dengan Nasi Kucing #Jakartatahanbanting.

Suar.ID - Belum lama ini publik dibuat heboh dengan sebuah nasi bungkus bertuliskan 'Nasi Anjing'.

Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan pun ikut menanggapi hal tersebut.

Ia berharap kepada masyarakat untuk tak membesar-besarkan kasus ini.

Meski demikian, Arteria Dahlan menilai memberian nama "nasi anjing" untuk tujuang sosial kurang patut.

Baca Juga: Padahal Sudah Dilarang Untuk Mudik, Tapi Orang-orang ini Nekat Mudik dengan Duduk Di Bagasi Bus, Bayar Rp 450 Ribu Demi Hindari Titik Pemeriksaan!

"Sangat tidak sensitif, apalagi dalam konteks pemberian bantuan, apalagi bantuannya dalam bentuk makanan yang untuk dikonsumsi masyarakat," kata Arteria dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (26/4/2020).

Ia mengingatkan, bagi sebagian besar masyarakat "anjing" diasosiasikan sebagai sesuatu yang tidak layak dimakan bahkan diharamkan.

Pelabelan "nasi anjing" secara sederhana oleh sebagian besar masyarakat diartikan sebagai makanan yang tidak patut atau haram untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Baru Umur 29 Tahun, Mantan Staf Khusus Presiden Ini Diam-diam Miliki Kekayaan Nyaris Mendekati Prabowo Subianto

"Sehingga konteksnya tidak lagi pada content apakah pembuatan nasi dilakukan dengan bahan halal apa tidak."

"Tapi lebih pada ketidakpatutan pemberian label pada bantuan makanan yang hendak diberikan dan dimakan oleh masyarakat," ujarnya.

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya

Latest