Follow Us

Meski Usianya Tak Lagi Muda, Kakek 99 Tahun Ini Nekat Langsungkan Pernikahan dengan Sang Pujaan Hati di Tengah Pandemi Virus Corona

Rahma Imanina Hasfi - Senin, 27 April 2020 | 06:30
Ilustrasi pernikahan
freepik.com

Ilustrasi pernikahan

Suar.ID - Membina rumah tangga dengan pujaan hati pastinya jadi hal yang diimpikan kebanyakan orang.Meski situasi sedang kurang mendukung seperti sekarang, nyatanya hal ini tak menyurutkan niat pasangan lanjut usia asal Blora, Jawa Tengah untuk melangsungkan pernikahan.Hadi Kusumo, seorang kakek berusia 99 tahun warga Kelurahan Kauman, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, resmi menikahi sang kekasih hati, Yami (65), warga Desa Jomblang, Kecamatan Jepon, Blora, Kamis (23/4/2020).

Baca Juga: Lihat Foto Suasana Salat Tarawih di Masjidil Haram saat Bulan Ramadan dari Pulau Terpencil usai Istananya Diserang Covid-19, Raja Salman: Saya SedihPernikanan mereka dilakukan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.Meski usianya tak lagi muda, namun Kedua petani di Blora ini memantapkan hati untuk tetap melangsungkan pernikahan.

Akad nikah pun dilakukan di kantor KUA Blora.Prosesi akad nikah keduanya pun berlangsung sederhana tanpa banyak saksi yang mendampingi.Tak selazimnya ijab kabul pada umumnya, kedua mempelai ini harus mengenakan masker dan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu.

Suasana pernikahan Hadi dan Yani di KUA Blora
Dok. KUA Blora

Suasana pernikahan Hadi dan Yani di KUA Blora

Baca Juga: Beda dengan Negara Lainnya yang Khawatir akan Pandemi Covid-19, Negeri Ini Malah sedang 'Asyik' dengan Perang Saudaranya Sendiri!Langkah itu juga diikuti oleh penghulu dan beberapa orang saksi.Ruangan KUA Blora I juga disemprot disinfektan sebelum keduanya resmi diabsahkan statusnya menjadi pasangan suami istri.Dilansir dari Kompas.com, Kepala Kelurahan Kauman, Marthin Ukie Andhana, menyampaikan, kedua mempelai ini sempat dirundung gelisah tidak bisa melangsungkan akad nikah lantaran terbentur aturan untuk menunda pernikahan selama pandemik Covid- 19.Menurut Ukie, pernikahan keduanya sudah didaftarkan ke KUA Blora pada 1 April 2020. Sebelumnya status keduanya adalah duda dan janda.

Awalnya pasangan ini hampir tidak bisa melangsungkan pernikahannya lantaran terganjal SE dari Kemenag nomor 163/KUA.11.16.02 Hk.007/04/2020, tertanggal 6 April 2020.Dalam peraturan itu tertulis bagi warga Blora yang merencanakan pernikahan dan mendaftar di KUA setelah tanggal 1 April 2020, pihak KUA tidak bisa menentukan tanggal pernikahannya."Alhamdulillah berjalan lancar. Kebahagiaan terpancar dari wajah keduanya. Keduanya jatuh cinta karena ada perantara yang mempertemukan,"

Baca Juga: Hari Pertama Bulan Ramadan, Cucu Kembar Habieb Rizieq Shihab Lahir ke Dunia"Mbah Hadi sendiri sudah ngebet ingin nikah karena ingin cari teman hidup sekaligus teman untuk membantu mengeringkan gabah," kata Ukie saat dihubungi Kompas.com, Kamis.Sementara itu, Kepala KUA Blora I, Suryani Kamali, menyampaikan akad nikah pasangan lanjut usia tersebut berlangsung dengan tertib dan lancar.Proses ijab kabul pun sudah sepatutnya menyesuaikan dengan protokol kegiatan di tengah Covid-19.

Keduanya bisa melaksanakan ijab kabul merujuk pada peraturan terbaru yaitu SE terbaru dari Menteri Agama No. 9 th 2020, sebagai pengganti SE Menteri Agama No.5 th 2020.Suryani menambahkan, bagi calon pengantin yang mendaftarkan pernikahan setelah tanggal 1 April masih tetap bisa dilaksanakan."Bagi calon pengantin yang mendaftarkan pernikahan setelah tanggal 1 April 2020 bisa tetap dilaksanakan. Karena sudah terbit surat edaran yang terbaru,""Namun, tetap memperhatikan SOP di tengah wabah Covid-19. Diantaranya tidak dihadiri banyak orang, memakai masker, dan jaga jarak," kata Suryani. (Hafidh/Wiken.ID)

Baca Juga: Sulit Menemukan Momen yang Tepat, Inilah Tips Berhubungan Intim bagi Suami Istri di Bulan Ramadan agar tetap Fit Menjalani PuasaArtikel ini telah tayang di Wiken.ID dengan judul Ngebet Ingin Persunting Pujaan Hatinya, Kakek yang Umurnya Hampir Seabad Ini Nekat Menikah di Tengah Pandemi Virus Corona

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest