Follow Us

Dikenal sebagai Salah Satu Kota Berpolusi Terburuk di Dunia, kini Dikabarkan Kualitas Udara di Jakarta Membaik! Apa Penyebabnya?

Ervananto Ekadilla - Sabtu, 11 April 2020 | 10:30
Kualitas udara di Jakarta membaik, apa penyebabnya?
Tribunnews

Kualitas udara di Jakarta membaik, apa penyebabnya?

Suar.ID - Pemerintah sejak pertengahan Maret 2020 telah memberlakukan jarak sosial (social distancing), seiring penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengimbau agar masyarakat untuk melakukan kegiatan di rumah selama masa tanggap Covid-19.

Pandemi Covid-19 memaksa manusia mengurangi kegiatan di luar rumah, sehingga berdampak pada pengurangan laju transportasi dan penurunan polusi.

Pada 28 Maret 2020, Lembaga Penerbangan dan Antaraiksa Nasional (LAPAN) mengelurakan perbedaan kualitas udara setahun lalu dan saat penerapan social distancing.

Baca Juga: Pria 'Kembaran' Ari Lasso Nyanyikan Lagu Hampa Hingga Viral di Media Sosial, Terungkap Identitas Sebenarnya: Akhirnya Ketemu Saudara Kembar yang Menghilang!

Dari foto satelit LAPAN menunjukan kualitas udara jauh lebih bersih saat diberlakukan social distancing karena terjadinya penurunan partikel polutan udara di wilayah Indonesia, khususnya di bagian barat.

Namun apa benar kualitas udara membaik karena social distancing ?

Peneliti Pusat Teknologi dan Atmosfer Lapan, Nani Cholianawati menyampaikan hasil dari pemantauan satelit, kualitas udara di Jakarta dan kota lainnya di Pulau Jawa pada waktu sebelum dan saat dilakukan social distancing.

Hasilnya memang menunjukan kualitas udara di beberapa kota jauh lebih bersih.

Baca Juga: Gara-gara Punya Tubuh Seksi Presenter Cantik Ini Kerap Disebut Lakukan Operasi Payudara, Akhirnya Dara Bandung Itu Buka Suara: Semakin Kencang Iya Kan...

Namun, di beberapa kota lainnya justru mengalami peningkatan.

Source : Instagram, Tribunnews

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest