Follow Us

Meski Mengganggu Aktivitas Sehari-hari, Pemandangan yang Jarang Terlihat Ini Muncul dari Himalaya hingga Jakarta Akibat Virus Corona

Rahma Imanina Hasfi - Kamis, 09 April 2020 | 15:30
Pemandangan udara yang menakjubkan dari Pulau Bardsey di lepas Wales Utara
mirror.co.uk

Pemandangan udara yang menakjubkan dari Pulau Bardsey di lepas Wales Utara

Suar.ID - Virus corona yang sedang menjadi kekhawatiran bagi hampir seluruh masyarakat dunia. Sejak mewabah, virus penyebab Covid-19 itu memang banyak mengganggu jalannya aktivitas manusia sehari-hari.Begitu banyak hal yang turut terdampak, mulai dari kegiatan ekonomi, bisnis global, berbagai pertunjukan kesenian, wisata, bahkan sekadar berkumpul dengan teman-teman pun menjadi hal yang dihindari untuk saat ini.

Baca Juga: Bercak Darah Jadi Saksi Bisu, Jalan Kaki 200 Meter Setelah Dibakar Hidup-hidup, Mira Tak Kuat dan Tumbang di MushalaPandemi memang membuat manusia mengalami hal sulit. Namun, Bumi nampaknya tidak menunjukkan hal yang sama.Seiring dengan diberlakukannya aturan "di rumah saja" yang banyak diterapkan di berbagai negara, tingkat polusi udara di berbagai wilayah diketahui banyak terjadi penurunan.

Hasilnya, udara lebih terlihat bersih, langit berwara biru cerah, dan pemandangan yang biasanya jarang terlihat kini bisa disaksikan dengan sangat jelas. HimalayaSalah satunya terjadi di India. Dikutip dari Nine.com (8/4/2020), Kisaran Dhauladhar yang merupakan bagian dari rantai Pegunungan Himalaya yang terdapat di wilayah negara India saat ini bisa terlihat dengan jelas dari kawasan India Utara. Meskipun berjarak sekitar 200 kilometer, namun Himalaya yang diselimuti salju bisa dilihat dengan mata telanjang oleh masyarakat. Pemandangan ini disebut terakhir kali terlihat pada 30 tahun yang lalu, dan sekarang pemandangan cantik itu kembali bisa dinikmati saat India memberlakukan kebijakan lockdown untuk menahan persebaran virus corona. Akibat penguncian wilayah ini, tingkat polusi di India memang diketahui turun drastis.

Pemandangan pegunungan Himalaya
AFP

Pemandangan pegunungan Himalaya

Baca Juga: Masih Ingat Kasus Ojol yang Ditipu Penumpangnya? Kini Beginilah Nasib Pelaku, Ditolak Keluarga Hingga Dikarantina Karena Gejala Covid-19

Orang-orang yang takjub dengan pemandangan indah Kisaran Dhauladhar kemudian mengabadikannya dengan kamera dan mengunggahnya di media sosial mereka. Salah satunya adalah Harbhajan Singh yang tinggal di wilayah Jaladhar, mengunggah pemandangan langka yang ia saksikan melalui akun Twitter miliknya @harbhajan_singh. Konservasionis lokal Sant Balbir Singh Seechewal mengatakan bahwa pemandangan ini belum pernah terjadi selama 30 tahun dia bekerja. "Kita bisa melihat gunung yang tertutup salju dengan jelas dari atap rumah kita. Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya," kata Seechewal. Seechewal menyebut semua ini bisa terjadi akibat kebijakan lockdown yang sudah diberlakukan di India sejak 22 Maret lalu. Akibatnya, jumlah polusi dari kendaraan bermotor dan kegiatan industri berkurang drastis yang berpengaruh pada turunnya level polusi udara di sana. Badan Pusat Polusi India membenarkan hal tersebut. Kualitas udara di wilayahnya meningkat secara signifikan setelah lockdown diberlakukan.

Baca Juga: Di Tengah Virus Corona, DKI Jakarta akan Terapkan PSBB Mulai Besok, Sosok Ini Sudah Pikirkan Matang-matang soal Efeknya di Wilayah LainIndonesia juga alami hal serupaTidak hanya masyarakat India yang mendapatkan pemandangan indah akibat menurunnya tingkat polusi udara.Warga di sejumlah kota di Indonesia pun mengalami hal serupa, salah satunya di Jakarta.

Belakangan, foto-foto yang menunjukkan langit Jakarta berwarna biru cerah banyak diunggah netizen pengguna media sosial. Bahkan ada pula yang berhasil mengabadikan penampakan sejumlah gunung yang terletak di sekitaran Jakarta, yang biasanya tidak nampak. Dari foto yang diambil di sebuah gedung tinggi, pemandangan 2 gunung terlihat ada di atas bangunan bertingkat yang padat, dengan dilapisi kabut di bagian bawahnya. Pemandangan itu disebut diambil dari wilayah Kembangan, Jakarta Barat dan diunggah di akun komunitas @jktinfo.

Baca Juga: Kenang Kebaikan Hati Glenn Fredly Semasa Hidup, Petusgas Kebersihan ini Sebuat Almarhum Sosok yang Menyenangkan dan Tak Sungkan Menegur: Orangnya Menyenangkanlah...Unggahan tersebut banyak mengundang komentar warganet, banyak dari mereka menyebut pemandangan indah itu bisa terlihat apabila manusia tidak merusak alam, salah satunya dengan terus-menerus menciptakan polusi. "Gue jadi mikir yg virus kek nya bukan corona deh tp kita kita manusia nya," tulis akun @rifaiahmd. Berdasarkan data dari ISPU Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), per Selasa (7/4/2020), sejumlah kota besar di Indonesia memang memiliki kualitas udara yang baik.Misalnya Kota Depok di Jawa Barat, Jakarta, Surabaya di Jawa Timur, dan Makassar di Sulawesi Selatan. Padahal, sebelumnya Jakarta pernah tercatat sebagai kota dengan kualitas udara yang buruk akibat polusi yang terjadi di sana. (Luthfia Ayu Azanella/Kompas.com)

Baca Juga: Bak Kisah Cinderella, Siapa Sangka Influencer Cantik Ini Dulu Berprofesi Sebagai Pengemis, Kehidupannya Berubah dalam Sekejap MataArtikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dampak Corona, Pemandangan Ini Muncul dari Himalaya hingga Jakarta

Source : Kompas.com

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest