Follow Us

Konsumsi Obat yang Digunakan oleh Pasien Covid-19 Setelah Dinyatakan Positif Terinfeksi Virus Corona, Artis Cantik Ini Alami Efek yang Tak Mengenakan

Rahma Imanina Hasfi - Minggu, 05 April 2020 | 18:30
Andrea Dian dan Garindra Bimo
Kompas.com/Ira Gita

Andrea Dian dan Garindra Bimo

Suar.ID - Wabah virus corona telah menjadi pandemi yang paling ditakuti saat ini.Virus ini telah menjangkiti hingga ribuan orang di Indonesia.Salah satunya adalah artis cantik Andre Dian.

Baca Juga: Presiden China Xi Jinping Berikan Bantuan Ini kepada Pemerintah untuk Mengatasi Pandemi Corona : Indonesia pasti akan Kalahkan Wabah Covid-19Adapun, Andrea mengonfirmasi dirinya positif virus corona pada Minggu (22/3/2020) lalu.Andrea menceritakan awalnya dia mengalami demam dan memeriksakan diri ke dokter dengan diagnosis demam berdarah.

"Awalnya aku demam tanggal 13 Maret 2020 dan langsung dibawa ke RS Swasta. Di sana aku didiagnosis Demam Berdarah dan langsung opname. Tanggal 15 aku sudah mulai fit," tulis Andrea seperti dikutip dari Kompas.com. Karena masih khawatir akan kondisinya, Andrea kemudian meminta untuk dicek thorax. Rontgen thorax adalah pemeriksaan kondisi organ dalam rongga dada, termasuk jantung dan paru-paru. "Hasilnya bagus. Cek influenza, hasilnya negatif," tulis Andrea. Namun, ketika paru-parunya di-scan, ditemukan ada flek pada bagian kanan dan kiri paru-parunya.

Baca Juga: Merasa Dipermainkan oleh Pablo Benua, Wanita Thailand Ini Buka-bukaan soal Tabiat Buruk Suami Rey Utami yang Menghamilinya Itu: 'Ini adalah Bayi Saya dengan Pablo'"Karena ada flek maka besoknya tanggal 16 Maret aku cek swab untuk tes apakah aku terinfeksi virus Covid-19 apa tidak," tulis Andrea. Selang beberapa hari setelah melakukan tes, istri aktor Ganindra Bimo ini akhirnya mendapat kabar bahwa ia positif terinfeksi. "Baru tanggal 18 Maret aku dikasih kabar kalau aku positif Covid-19," ujarnya.

Tak butuh waktu lama, Andrea langsung dipindahkan ke rumah sakit rujukan untuk segera mendapat penanganan medis.Adapun, saat ini, Andrea Dian tengah dalam perawatan di RS Darurat Wisma Atlet usai dirinya dinyatakan positif Covid-19.

Andrea Dian mengaku berhenti mengonsumsi obat chloroquine selama menjalani masa isolasi di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Istri Ganindra Bimo ini berhenti mengonsumsi obat tersebut setelah mengalami efek samping yang tak mengenakkan."Pindah ke Wisma Atlet, saya dapat chloroquine, tetapi sepertinya saya tidak cocok, karena ada efek samping yang saya dapat," ucap Andrea Dian dalam insta story-nya seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (4/4/2020). Menurut Andrea, efek samping yang ia rasakan cukup banyak. Mulai dari cemas, mual, muntah, pusing, jantung berdebar, napas pendek, hingga tremor pada tangan.

Baca Juga: Sudah Dinyatakan Sembuh dari Virus Corona, Pangeran Charles Menceritakan Hal Aneh Ini selama DiisolasiSetelah diobservasi oleh tim medis, Andrea diputuskan tak lagi mengonsumsi obat tersebut. "Jadi jika kamu mengalami efek samping setelah minum (chloroquine), lapor ke perawat ya. Semoga cepat sembuh," ucap Andrea.

Dalam unggahan insta story lainnya, Andrea menyatakan bahwa ia mengonsumsi chloroquine bersama asupan lainnya yang disediakan oleh tim medis.Misalnya multivitamin, vitamin C 500 mg, makan tiga kali sehari, air putih du liter per hari, serta empat jenis obat termasuk chloroquine.Menurut Andrea, chloroquine menjadi salah satu obat yang digunakan oleh pasien Covid-19. Namun, Andrea menyarankan agar masyarakat tak sembarangan mengonsumsi obat tersebut tanpa resep dokter."Karena efeknya sangat berbahaya. Tidak semua orang cocok," ujar Andrea.

Baca Juga: Ternyata Berbuntut Panjang, Pernikahan Kapolsek Kembangan di Tengah Pandemi Virus Corona Seret Seluruh Jajaran Polri yang Hadiri Pesta, Termasuk Sosok Penting Ini

Source : Kompas.com

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest