Follow Us

Heboh, Jenazah Positif Corona di Sukabumi Ditolak Mentah-mentah oleh Warga, Benarkah Mayat Positif Covid-19 masih bisa Menularkan Virus? Begini Penjelasan Dokter

Ervananto Ekadilla - Kamis, 02 April 2020 | 12:45
Benarkah jenazah yang mengidap Corona masih bisa menularkan virus covid-19?
Kompas.com

Benarkah jenazah yang mengidap Corona masih bisa menularkan virus covid-19?

Suar.ID - Dokter spesialis paru, Dr. Erlina Burhan memberikan penjelasan terkait pemakaman jenazah positif Corona mendapatkan standar operasi prosedur (SOP) yang sangat ketat.

Padahal seperti yang diketahui, penularan Virus Corona berasal dari droplet atau percikan cairan.

Sedangkan jika dinalar, jenazah yang sudah meninggal tidak mungkin mengeluarkan cairan yang bisa menularkan kepada orang lain.

Erlina Burhan mempunyai penjelasan lain tentang proses penularan Covid-19 dari pasien positif yang sudah meninggal.

Baca Juga: 'Mana Corona, Biar Kutelan, Aku Nggak Takut Mati', Anggota DPRD Medan Cekcok dengan Polisi saat Jenguk Jenazah PDP Corona

Menurut Erlina masih ada kemungkinan penularan dari jenazah positif Corona.

Hal itu dikatakan saat dirinya menjadi bintang tamu di acara ILC yang tayang di Youtube Indonesia Lawyers Club, Rabu (1/4/2020).

"Banyak yang menanayakan kepada saya, ini orang udah meninggal, dokter kan menerangkan proses penularannya lewat droplet, ini orang meninggal udah enggak batuk, bersin," ujar Erlina.

Erlina menyebut Covid-19 merupakan virus yang baru, maka yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan antisipasi, yaitu menghindari kemungkinan masih ada cairan dari jenazah tersebut.

Baca Juga: Soroti Satu Keluarga Alami Demam Usai Nekat Buka Plastik dan Mandikan Jenazah PDP Covid-19, Nafa Urbach Geram dan Ingatkan Hal Ini

Terlebih ketika memandikan, pastinya akan membersihkan cairan di tubuh jenazah Covid-19.

Source : YouTube, Tribun Wow

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest