Follow Us

Kabar Hoax Ditelan Mentah-mentah, Dikira bisa Obati Virus Corona, 300 Warga Negara Ini Tewas setelah Tenggak Cairan yang Berbahaya!

Ervananto Ekadilla - Selasa, 31 Maret 2020 | 11:00
Dikira bisa menyembuhkan diri dari Corona, 300 Warga Iran tewas tenggak metanol
Pixabay

Dikira bisa menyembuhkan diri dari Corona, 300 Warga Iran tewas tenggak metanol

Suar.ID - Hampir 300 orang di Iran dilaporkan tewas setelah menenggak metanol, bahan yang mereka kira bisa mengobati virus corona.

Diketahui di Iran memang minuman keras dilarang.

Jadi, jika ada orang yang menginginkannya, mereka harus mendapatkannya secara ilegal.

Kabar palsu tentang obat virus corona menyebar di media sosial seantero Iran, di tengah anggapan pemerintah yang meremehkan wabah ini sebelum menyebar.

Baca Juga: 8 Bulan Lalu, Peramal Termuda Dunia Ternyata Telah Ramalkan Virus Corona, Prediksikan Akan Berakhir di Tanggal Ini

Dr. Knut Erik Hovda yang mempelajari metanol mengatakan, dia mengkhawatirkan wabah di sana jauh lebih buruk dari yang diberitakan.

Menyadur dari Daily Mirror, Senin (30/5/2020), Hovda berujar dengan virus yang semakin menyebar, publik setempat tidak menyadari ada bahaya lain yang mengintai.

"Ketika mereka terus meminum ini (metanol), maka bakal semakin banyak kabar ada orang yang keracunan," ujar toksikolog klinis di Oslo itu.

Akun berbahasa Farsi di media sosial secara salah mengabarkan pemberitaan dari tabloid yang dipublikasikan pada awal Februari.

Baca Juga: Kisah Pilu Sopir Taksi yang Banting Tulang Mengais Rezeki di Tengah Wabah Corona: Seharian belum Tentu Dapat

Dalam pemberitaan itu, seorang guru sekolah Inggris disebutkan sembuh dari Covid-19 setelah meminum campuran wiski serta madu.

Source : Kompas.com, New York Times, Daily Mirror, Worldometers

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest