Follow Us

Virus Corona Diduga dapat Menular hanya Dalam Hitungan Detik

Adrie P. Saputra - Sabtu, 08 Februari 2020 | 11:45
Ilustrasi
WorldofBuzz

Ilustrasi

Suar.ID - Banyak pertanyaan telah diajukan tentang virus corona dan mungkin yang paling banyak adalah: seberapa cepat virus dapat ditularkan dari manusia ke manusia?

Bagaimanapun, kita sudah tahu sekarang bahwa penularan virus dari manusia ke manusia kemungkinan merupakan metode penularan utama untuk sebagian besar kasus virus corona.

Melansir dari Sinchew.com.my, ternyata sangat mungkin bahwa hanya dalam waktu 15 detik, pembawa virus bisa menyebarkan infeksi ke manusia sehat lainnya.

Interval pendek dan berbahaya ini dihitung berdasarkan pada insiden seorang pria yang baru-baru ini terinfeksivirus corona dari Zhejiang, China.

Baca Juga: Awalnya Arogan Hingga Berani Cekek Petugas yang Menilangnya, Kini Pria ini Cuma Bisa Diam dan Lesu Usai Diciduk Polisi

Meskipun tidak melakukan perjalanan ke Hubei, di mana laporan virus di daerah sana sangat banyak, atau tidak berada di dekat satwa liar yang eksotis (seperti kelelawar), pria ini nyatanya tetap tertular penyakit tersebut.

Menurut studi epidemiologis (studi tentang distribusi dan pengendalian penyakit) dari pergerakan pria itu, pasien berusia 56 tahun, yang berada di daerah Jiangbei di Chongquing, China, mungkin telah tetular virus corona setelah menghabiskan waktu membeli belanjaan di beberapa pasar yang berbeda.

Dia berdiri di dekat seorang wanita 61 tahun yang sudah menunjukkan gejala penyakit, selama kurang dari 15 detik ketika mereka berdua menyaksikan perayaan, sebelum berpisah.

Tak satu pun dari mereka mengenakan masker.

Baca Juga: Gara-gara Lakukan Kesalahan Saat Praktek Siswa SMK ini Dibully Teman-temannya Suruh Pegang Kabel Pengapian Motor, Teriak Temannya: Gak Sakit ini, Gak Sakit!

Hal itulah yang mungkin menjadi alasan utama bagaimana virus itu berhasil ditularkan.

Source : sinchew.com.my

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest