Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Senasib dengan Maia Estianty, Seorang Pelanggan Ojek Online Jadi Korban Penipuan Driver, Begini Modusnya yang Bikin Uang Rp 9 Juta Raib!

Khaerunisa - Senin, 13 Januari 2020 | 10:00
(ilustrasi) penipuan
Freepik

(ilustrasi) penipuan

Suar.ID - Baru beberapa waktu lalu publik dibuat geram dengan penipuan oleh oknum Driver Ojek Online (Ojol) kepada musisi Maia Estiany.

Saat itu, Maia Estianty membagikan pengalamannya melalui Instagram story.

Penipuan yang dilakukan oknum diver ojol itu membuat saldo Gopay Maia Estianty hilang.

Kini peristiwa serupa kembali terjadi, namun giliran rekening korban yang jadi sasaran. Seperti apa modusnya?

Baca Juga: Viral Foto Seorang Gadis Driver Ojol Belajar Sambil Nunggu Orderan, Rupanya Begini Cerita Dibaliknya

Kasus penipuan yang melibatkan ojek online kembali terjadi.

Korban bernama Agnes Setia Oetami mengaku kehilangan uangnya sebesar Rp 9 juta seusai ditipu oleh seorang oknum driver Gojek.

Kejadian itu dialami pada tanggal 7 Januari 2020, berawal dari Agnes yang ingin memesan minuman di sebuah outlet di Plaza Senayan.

Melalui aplikasi Gojek, Agnes mendapatkan driver dengan inisial AY.

Baca Juga: Viral Restoran di Jakarta Ramai Dihujat Usai Larang Ojek Online Masuk, Ojol: 'Segitu Hinanya Kah Kita', Pihak Manajemen pun Buka Suara

Seusai menerima pesanan, AY langsung menghubungi Agnes dan mengaku tidak memiliki uang tunai untuk membeli pesanan karena sistem GoPaykios minuman tersebut sedang rusak.

AY lalu meminta Agnes membantu untuk transfer langsung ke virtual account kios.

Kemudian, oknum yang mengaku sebagai petugas kios menelepon dan memberikan rekening virtual akun toko kepada Agnes, serta menginstruksikan untuk memasukkan kode empat digit sebelum total harga di bagian jumlah transfer.

Namun, ketika Agnes sudah melakukan proses transfer, uang di rekeningnya justru tersedot Rp 5,5 juta.

Baca Juga: Tak Lagi Melawak dalam Satu Acara, Sule Bongkar Kemarahan Azis Gagap kepada Andre Taulany: 'Pas Dilihat Ngucur Darah'

(ilustrasi) penipuan
Kompas.com/Retia Kartika Dewi

(ilustrasi) penipuan

Agnes pun langsung menghubungi kios untuk mempertanyakan uangnya.

Oknum itu kemudian berjanji akan mengembalikan uang Agnes seusai dia kembali mentransfer sejumlah uang.

Akan tetapi, rekening Agnes kembali tersedot dan total kerugian yang ia dapat mencapai Rp 9 juta.

"Karena sudah panik, akhirnya saya pun mengikuti panduan tersebut tanpa berpikir panjang. Ternyata dana saya terkuras lagi," ujar dia dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Minggu (12/1/2020).

Baca Juga: Belum Lama Menikah, Pasangan Pengantin Baru Ditemukan dengan Kondisi Mengenaskan, Begini Kronologinya

Setelah menyadari dirinya telah ditipu, Agnes langsung menghubungi pihak Gojek untuk melakukan pengaduan.

(ilustrasi) Ojek Online
Kompas

(ilustrasi) Ojek Online

Namun, dia mengeluhkan respons Gojek yang terbilang lambat.

"Customer Care Gojek kurang responsif, padahal saya sudah mengirimkan bukti-bukti melalui e-mail lebih dari 48 jam. Responsnya pun hanya berupa respons normatif," tutur dia.

Dia pun akhirnya memutuskan untuk meneruskan laporan kasus ini ke polisi.

Baca Juga: Sering Terlibat Cekcok Saat Dirinya Masih Dibui, Ahmad Dhani Ungkap Soal Kemungkinan Pisah dengan Istri, Mulan Jameela Bereaksi Saat Singgung Nikah Lagi

Pihak Polda Metro Jaya pun telah mengeluarkan surat laporan bernomor TBL 181/1/Yan 2.5/2020/SPKT PMJ tertanggal 11 Januari 2020.

Agnes menyadari bahwa kesalahan ini bukan dikarenakan pihak Gojek.

Oleh karenanya, ia tidak menuntut Decacorn tersebut untuk mengganti rugi.

Akan tetapi, ia berharap Gojek melakukan langkah edukasi kepada pelanggannya agar kasus penipuan tidak kembali terjadi.

"Kelihatannya Gojek sudah mulai mencoba melakukan edukasi ke publik mengenai kasus kasus seperti ini, tapi nyatanya masih kurang efektif karena dalam dua minggu terakhir ini yang kisahnya publik saja sudah tiga korban, termasuk saya," ucapnya.

Baca Juga: Kematian Lina Semakin Penuh Teka-teki, Sosok Ini Kembali Diperiksa oleh Polisi, Orang yang Mandikan Jenazah Lina Juga

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pelanggan Gojek Tertipu Oknum Driver, Rp 9 Juta Raib

Editor : Suar

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular

x