Follow Us

Merupakan Presiden yang Paling Lama Berkuasa di Indonesia, Siapa Sangka Soeharto Muda Pernah Ditampar oleh Sosok yang bukan Orang Sembarangan Ini: Sirkus Apa-apaan, Nih!

Ervananto Ekadilla - Minggu, 29 Desember 2019 | 14:45
Merupakan Presiden yang Paling Lama Berkuasa di Indonesia, Siapa Sangka Soeharto Muda Pernah Ditampar oleh Sosok yang bukan Orang Sembarangan Ini: Sirkus Apa-apaan, Nih!
Dok. Keluarga A.E. Kawilarang

Suar.ID - Presiden Soeharto merupakan Pemimpin Indonesia yang paling lama berkuasa.

Hingga kini dirinya masih terus diingat dengan sejumlah momen kekuasaannya.

Tapi siapa sangka, sosok tegas ini pernah ditampar oleh seseorang!

Baca Juga: Masih Ingin Dicukur oleh Pemotong Rambut Bawah Pohon Meskipun Sudah Menjadi Presiden, Alasan Soeharto Buat Sang Pencukur Terharu

Begini cerita lengkapnya:

Ketika Soeharto muda masih aktif di militer, ia dikabarkan pernah ditampar oleh seorang panglima militer yang sekaligus pendiri Kopassus.

Sosok yang menampar Soeharto itu adalah Alex Evert Kawilarang, yang saat itu menjabat sebagai Panglima selaku atasan dari Letkol Soeharto.

Kisah penamparan Soeharto oleh Alex Evert Kawilarang ini ada dalam buku 'Suharto and His Generals: Indonesian Military Politics 1975-1983' tulisan David Jenkins (1984).

Baca Juga: Mayat Tergeletak Dimana-mana, Beginilah Langkah Ekstrim Soeharto Tumpas Begal Sadis Hingga Kerahkan Pasukan ABRI

Sekitar 1950-an, sebagai Panglima Wirabuana, Alex Kawilarang melaporkan kepada Presiden Soekarno bahwa keadaan di Makassar sudah aman.

Namun Soekarno justru menyodorkan sebuah radiogram yang baru saja diterimanya yang melaporkan bahwa pasukan KNIL (Tentara Kerajaan Hindia-Belanda) Belanda sudah menduduki Makassar.

Source : Surya, kopassus.mil.id, Wikipedia, Buku Suharto and His Generals: Indonesian Military Politics

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest