Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Ilham Habibie yang Selalu Dapat Nilai A karena Saking Pintarnya Ternyata Pernah Merasa Seperti Badut di Sekolah, Juga Pernah Jeblok Gara-gara Ini

Suar.id - Jumat, 13 September 2019 | 21:34
Ilham Habibie dan sang ayah yang mengajarkan banyak hal.
kompas.com

Ilham Habibie dan sang ayah yang mengajarkan banyak hal.

Suar.ID -Buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

Begitu pula dengan Ilham Habibie, seperti bapaknya, dia juga superjenius.

Benar, kecerdasan intelektual yang dimiliki oleh Habibie (memiliki IQ 200) ternyata menurun kepada Ilham Habibie.

Bahkan, saking cerdasnya, Ilham sempat merasa bosan dengan sekolah di mana dirinya meraih nilai A di semua mata pelajaran.

Kisahnya tertuang alam Buku Ibu di Mata Mereka, terbitan Intisari, yang ditulis oleh Yatie Asfan Lubis.

--

Tindak tanduknya dalam mendidik diriku, membuatku cenderung menganggapnya sebagai "pembina".

Ibu mengajarkan seni berdisiplin, pengenalan agama, kemandirian yang luar biasa.

Sementara perihal pemikiran makro prinsip hidup, ideologi, nasionalisme, aku dapatkan dari Ayah.

Kegemaranku main piano sejak usia sembilan tahun juga kudapat dari Ibu.

Sejak awal, Ayah sudah bercita-cita agar aku mendalami bidang teknik, dan memang aku sudah mewujudkannya.

Namun, untuk menjadi seorang pianis seperti keinginan guru pianoku yang ambisius, ditentang habis-habisan oleh Ayah. Ia bersikukuh agar aku menjadi seorang insinyur, bukan pianis!

Ibu yang memberiku hadiah piano pada saat aku berusia empat tahun, tidak berkecil hati atas keputusan Ayah.

Bukankah aku juga tidak diarahkan untuk mengikuti suatu kompetisi dunia di bidang musik.

Namun, pengarahan ibuku sebagai "pembina" untuk menyukai musik - dalam hal ini piano – menjadikan kegemaranku ini sebagai keseimbangan yang pas untuk hidupku.

Lagi-lagi, Ibu tampil sebagai pembina yang bijak pada masa aku mengalami masa pra remaja yang menggelisahkan.

Meski ia tak pernah mendorong kelak aku harus jadi apa, namun ada motivasi yang begitu kuat agar aku pandai mengendalikan diri dan fokus pada sekolah supaya tidak gagal dalam pendidikan.

Salah satu contoh yang kualami waktu aku duduk di kelas I SMP di Hamburg. Aku nakal dan bosan bersekolah.

Meski selalu mendapat nilai "A" aku merasa seperti seorang badut dan tak memiliki tantangan. Akhimya, pada waktu aku masih berusia 13 tahun, langsung naik ke kelas III.

Bergaul dengan kawan-kawan yang tidak seusia, aku terjebak dan belum siap memasuki pergaulan remaja yang menghebohkan.

Pada masa itu, remaja Jerman tahun 1970-an suka berpesta. Aku ikut-ikutan teman untuk menghadirinya. Dampaknya buruk sekali.

Teman-teman baru, suasana yang berbeda, membuatku begitu tertekan hingga nilai-nilaiku merosot.

Lagi-lagi, ibuku yang lemah lembut, dengan sabar dan telaten "membinaku" agar fokus kembali pada kegiatan sekolah. (KTW/Intisari)

Editor : Suar

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular

x