Follow Us

Spesifikasi Mobil Dinas Presiden Indonesia yang Tidak Bisa Dibeli Sembarangan Orang

Ervananto Ekadilla - Minggu, 25 Agustus 2019 | 05:00
Mercedes Benz S600 Guard
Tribunnewswiki.com

Mercedes Benz S600 Guard

Suar.ID - Presiden Joko Widodo sekarang memiliki mobil dinas baru, yakni Mercedes Benz S600 Guard, ini sejumlah fakta mengenai mobil tersebut.

Mercedes Benz S600 Guard akan menggantikan Mercedes Benz S 600 Pullman Guard, mobil tersebut digunakan sebagai kendaraan dinas presiden sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Lewat rilis resmi, Kementerian Sekertariat Negara RI menyebutkan, mobil ini dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian.

"Sesuai dengan hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekretariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan," tulis rilis resmi Kementerian Sekertariat Negara RI, dikutip Jumat (23/8/2019), dikutip Suar.ID dari Kompas.com.

Baca Juga: Kondisi Mobil Dinas Jokowi, Sudah Melebihi Waktu Penggunaan, Sering Mogok hingga Radio Nyala Sendiri

Penggantian unit Mercedes-Benz S600 Guard dilakukan melalui penunjukan langsung, bukan memakai sistem tender umum seperti pengadaan mobil menteri dan pejabat setingkat menteri.

"Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada tahun 2019 mengadakan kendaraan kelas VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung, mengingat diperuntukan bagi pengaman Presiden dan Wakil Presiden," tulis rilis itu.

Spesifikasi Mercedes Benz S600 Guard memiliki tingkat perlindungan keamanan yang sangat tinggi bagi penumpangnya.

Untuk spesifikasi kendaraan non-militer, S600 Guard telah memiliki sertifikat VR10 dengan tingkat perlindungan tertinggi.

VR merupakan standar perlindungan balistik terbaru yang diterapkan oleh negara-negara Eropa.

VR Menggantikan standar lama yang sebelumnya dipakai yaitu tingkat sertifikasi B1 sampai B7.

Source : tribunnewswiki.com

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest