Follow Us

Kamu Fanatik dengan Olahraga yang Berintensitas tinggi? Hati-Hati Guys, Bisa Nurunin Libidomu, lho!

Ervananto Ekadilla - Sabtu, 30 November 2019 | 11:15
Lomba Sepeda Jarak Jauh
Kompas.com

Lomba Sepeda Jarak Jauh

Suar.ID - Pria yang secara rutin melakukan latihan yang intens dengan jangka panjang memiliki kemungkinan libido lebih rendah daripada rekan-rekan mereka yang tidak berolahraga terlalu keras, dikutip Huffpost dari studi terbaru yang dilakukan oleh University of North Carolina.

Meskipun kelebihan berat badan dan kurang bergerak telah lama dikaitkan dengan gairah seks yang rendah, beberapa penelitian sebelumnya juga mengaitkan olahraga ketahanan seperti lari marathon atau bersepeda jarak jauh dapat menurunkan kadar hormon testosteron pada pria dan mengakibatkan libido yang lebih rendah.

Dalam studi ini, para peneliti memeriksa survei data tentang kebiasaan olahraga dan libido kepada 1.077 pria sehat.

Dibandingkan dengan pria dengan rutinitas olahraga yang intens, pria dengan latihan intensitas rendah hampir 7 kali memiliki libido normal atau tinggi, ungkap studi tersebut.

Baca Juga: Usai Bulan Madu, Reino Barack Kembali Melakukan Olahraga Ekstrim, Komentar Syahrini: 'Takut Lihatnya'

Demikian pula, pria yang menghabiskan sedikit waktu untuk berolahraga sekitar empat kali, mereka memiliki libido lebih tinggi atau normal dibandingkan dengan pria yang banyak mencurahkan waktu untuk olahraga.

"Studi kami adalah yang pertama membahas dan menguji pengaruh besaran volume olahraga selama beberapa tahun," kata pemimpin studi Dr Anthony Hackney, seorang peneliti dalam Fisiologi Olahraga dan Nutrisi di University of North Carolina, Chapel Hill.

Penelitian ini dirancang untuk membuktikan bahwa olahraga yang intens dapat menurunkan libido dan mengapa hal ini dapat terjadi.

Tetapi testosteron rendah setelah bertahun-tahun berolahraga dengan intensitas tinggi cenderung menjadi penyebabnya, kata Hackney.

Baca Juga: Ingin Tahan Lama di Ranjang? Kunyah Bumbu Dapur yang Satu Ini Dijamin Pasangan Anda Puas!

"Tujuan dan penelitian kami bukan hanya untuk menguji bagaimana meningkatkan libido pria, tetapi juga untuk membuat Dokter menyadari ketika akan memberikan saran kepada pasangan yang memiliki masalah infertilitas (kemandulan), penting untuk bertanya pada pria tentang kebiasaan olahraga mereka, pertanyaan ini mungkin tidak biasanya ditanyakan," Hackney tambahkan.

Source : Huff Post

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest