Follow Us

Hari Ini 74 Tahun yang Lalu Indonesia Punya Presiden Pertama, Inilah 'Perintah Pertama' yang Unik dari Presiden Soekarno kepada Tukang Sate

Khaerunisa - Minggu, 18 Agustus 2019 | 11:00
Soekarno - Hatta
Dok. Kompas

Soekarno - Hatta

Suar.ID - Hari ini 74 tahun yang lalu, sehari setelah Indonesia merdeka melalui proklamasi yang dibacakan Soekarno, terjadi kesibukan diantara para anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Pada tanggal 18 Agustus 1945, sidang PPKI menetapkan 3 hal penting untuk bangsa Indonesia yang baru saja merdeka.

Tiga hal yang ditetapkan PPKI diantaranya yaitu: Mengesahkan UUD 1945, memilih dan menetapkan Soekarno-Hatta menjadi presiden dan wakil presiden, serta pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

Ya, hari ini 74 tahun yang lalu Indonesia punya presiden pertama.

Baca Juga: Masih Memesona di Usia 80 Tahun, Ternyata Kedelai Jadi Salah Satu Rahasia Kecantikan Madam Dewi, Istri Kelima Presiden Soekarno

Soekarno menjadi presiden pertama Indonesia bersama Mohammad Hatta sebagai wakilnya.

Soekarno menjabat menjadi presiden pertama selama 22 tahun, sejak 1945 sampai 1967, sebelum kemudian digantikan oleh Soeharto.

Ia terpilih menjadi presiden setelah sehari sebelumnya ditunjuk membacakan teks proklamasi Indonesia di kediamannya saat itu, Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta Pusat.

Cukup lama Soekarno menjabat menjadi presiden, namun, hal apakah yang dia lakukan ketika pertama terpilih menjadi presiden pada 18 Agustus 1945 itu?

Baca Juga: Mengenal 'Mukoyoshi': Tradisi Unik di Jepang yang Membuat Pria Jomblo dan Pengangguran Bisa Mendadak Punya Istri Cantik dan Kaya Raya

Konon, hal unik terjadi saat Soekarno baru saja ditetapkan menjadi presiden.

Source : Kompas.com, grid.id

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest