Follow Us

Dikira Obesitas, Seorang 'Pria' Keguguran karena Tidak Segera Mendapat Perawatan untuk Bersalin

Adrie P. Saputra - Jumat, 17 Mei 2019 | 14:49
Ilustrasi
siakapkeli.my

Ilustrasi

Suar.ID - Ketika seorang "pria" tiba di rumah sakit dengan sakit perut yang parah, seorang perawat tidak menganggapnya sebagai keadaan darurat, mencatat bahwa ia adalah orang dengan obesitas.

Namun pada kenyataannya, "pria" itu hamil - dia adalah seorang pria transgender yang akhirnya melakukan proses persalinan dengan lahir mati.

Kasus ini tragis dan dijelaskan dalam "New England Journal of Medicine" pada hari Rabu (15/05/2019).

"Intinya bukanlah apa yang terjadi pada individu tertentu ini, tetapi ini adalah contoh dari apa yang terjadi pada orang transgender yang berinteraksi dengan sistem perawatan kesehatan," kata penulis utama, Dr. Daphna Stroumsa dari University of Michigan, Ann Arbor.

Baca Juga : Berkat Operasi Rekontruksi Organ Intim Pakai Kulit Ikan Nila, Transgender Ini Merasa Jadi 'Perempuan Sejati'

"Dia memang benar diklasifikasikan sebagai 'laki-laki' dalam catatan medis dan tampak maskulin," kata Stroumsa.

"Tapi klasifikasi itu membuat kita tidak mempertimbangkan kebutuhan medisnya yang tepat."

Laki-laki transgender itu, telah diidentifikasi sebagai laki-laki, mungkin tidak menggunakan hormon maskulinisasi atau pengangkatan rahim.

Pasien berusia 32 tahun itu memberi tahu perawat bahwa ia transgender ketika ia tiba di ruang gawat darurat dan catatan medis elektroniknya mencantumkan dia sebagai pria.

Baca Juga : Viral Chat yang Sebut Suami Lucinta Luna Tahu Istrinya Itu Transgender, Begini Ceritanya

Dia tidak pernah mengalami menstruasi dalam beberapa tahun dan telah menggunakan testosteron, hormon yang memiliki efek maskulinisasi dan dapat mengurangi ovulasi dan menstruasi.

Tapi dia berhenti minum obat hormon dan tekanan darah setelah kehilangan asuransi.

Source : AP

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest