Follow Us

Sempat Dirumorkan Tewas, Pemimpin ISIS Kembali Menampakkan Diri dalam Video Propaganda untuk Pertama Kalinya dalam 5 Tahun

Nieko Octavi Septiana - Selasa, 30 April 2019 | 10:28
Sempat Dirumorkan Tewas, Pemimpin ISIS Kembali Menampakkan Diri dalam Video untuk Pertama Kalinya dalam 5 Tahun
Kelompok SITE Intelijen via The New York Times

Sempat Dirumorkan Tewas, Pemimpin ISIS Kembali Menampakkan Diri dalam Video untuk Pertama Kalinya dalam 5 Tahun

Suar.ID - Pemimpin Negra Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi dikabarkan kembali menampakkan dirinya dalam sebuah video propaganda.

Diwartakan dalam The Guardian pada Selasa (30/4/2019), ini merupakan kemunculan pertama kalinya dalam lima tahun terakhir sejak mendeklarasikan 'khilafah' di Mosul, Irak, pada 2014 silam.

Sosok pempimpin ISIS ini menjadi misteri, bahkan rumor yang beredar menyebutkan pemimpin ISIS itu terluka atau sudah tewas.

Namun pada Senin (29/4/2019), ia muncul kembali melalui sebuah rekaman video.

Baca Juga : Polisi Gelar Operasi Keselamatan 29 April-12 Mei 2019 Serentak di Seluruh Indonesia, Ini 9 Sasaran Utamanya

Duduk bersila di samping senapan Kalashnikov, ia berbicara tidak lebih dari 40 detik, dan tampaknya gerakannya terbatas.

Dikutip dari The New York Times pada Senin (29/4/2019), dalam video itu ia mengumpulkan pengikutnya kembali setelah kehilangan wilayah di Irak dan Suriah dan pasca pemboman massal di Sri Lanka.

"Pertempuran kita hari ini adalah pertempuran gesekan, dan kita akan memperpanjangnya untuk musuh, dan mereka harus tahu bahwa jihad akan berlanjut sampai Hari Penghakiman," katanya dalam video.

Pesan yang ingin ia kirim sangat jelas. Para ahli menyebut video itu menunjukkan Negara Islam masih ada dan dia ia masih memegang kendali.

Baca Juga : Masih Ingat Si BIntang Iklan Cilik Afiqah Oreo? Sekarang Jadi Anggota JKT48, Lho

Jaringan internasional para militan ISIS akan terus melancarkan serangan yang menyakitkan dan tak terduga.

Jika dia merasa harus mengungkapkan dirinya sekarang, setelah bertahun-tahun bersembunyi, itu adalah untuk menegaskan kembali otoritasnya.

Source : The Guardian, The New York Times

Editor : Suar

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular