Follow Us

Memalsukan Kualifikasi Agar Dapat Kerja, Pria Ini Berakhir di Penjara

Nieko Octavi Septiana - Rabu, 06 Maret 2019 | 13:20
Chin Ming Lik, memalsukan kualifikasinya untuk mendapat kerja.
The Star Online

Chin Ming Lik, memalsukan kualifikasinya untuk mendapat kerja.

Suar.ID - Seorang pria dipenjara karena terbukti memalsukan kualifikasinya untuk mendapat kerja.

Dilansir dari The Star Online pada Rabu (6/3/2019), selama empat tahun, Chin Ming Lik menggunakan kualifikasi palsu untuk mendapat pekerjaan teknik sipil di 38 perusahaan.

Pria berusia 49 tahun itu bekerja di masing-masing perusahaan untuk waktu yang singkat antara 2013 -2017, dan kemudian pindah dengan cepat untuk menghindari kecurigaan.

Dokumen yang dipalsukan sedikitnya ada sertifikat gelar dari National University of Singapore (NUS), sertifikat dari Kementerian Tenaga Kerja dan Politeknik Singapura, dan sertifikat tingkat A GCE.

Baca Juga : Survei Elektabilitas Capres 2019 Terbaru: Jokowi - Amin Melesat Lebih dari 50%, Prabowo - Sandi Tertinggal Jauh

Pada Selasa (5/3/2019), Chin, yang sebenarnya lulusan Sekolah Dasar, dijatuhi hukuman penjara 2 tahun 11 bulan, dan didenda RM 4.817 atau sekitar 16 juta rupiah karena perbuatannya.

Wakil Jaksa Penuntut Umum Tan Pei Wei mengatakan bahwa penipuan itu terungkap pada 2 Desember 2016, ketika seorang asisten manajer di Kantor Pendaftaran NUS menerima sertifikat NUS dengan nama Chin untuk verifikasi.

Karena tidak cocok dengan salah satu catatan dalam database universitas, muncul dugaan pemalsuan untuk keperluan aplikasi pekerjaan, dan asisten manajer mengajukan laporan ke polisi.

Akhirnya dilakukan penyelidikan terhadap Chin dan pada 23 April 2017 ia ditangkap di Pos Pemeriksaan Woodlands.

Baca Juga : Seorang Ibu Kaget Lihat 'Cupang' di Leher Putrinya, Sang Anak Akhirnya Mengaku Telah Berhubungan Intim dengan 5 Pria

Chin mengaku telah memalsukan banyak sertifikat untuk aplikasi pekerjaan.

Source : The Star Online

Editor : Nieko Octavi Septiana

Baca Lainnya

Latest