Follow Us

Sejarah Tenggelamnya Atlantis, Negeri Kampung Halaman Aquaman

None - Kamis, 27 Desember 2018 | 06:00
Aquaman dan sejarah tenggelamnya Atlantis.
Denofgeek

Aquaman dan sejarah tenggelamnya Atlantis.

SUAR.ID - Dalam film Aquaman, diceritakan Arthur Curry yang diperankan oleh Jason Momoa adalah anak dari seorang penjaga mercusuar dan dewi laut.

Dia punya darah dari kehidupan kerajaan Atlantis namun lebih pilih hidup sebagai manusia biasa di daratan.

Kisah tentang Atlantis pertama kali tertuang dalam buku Critias karya filsuf Yunani Plato, Timaeus dan Critias, yang ditulis sekitar 360 SM.

Konon Atalantis merupakan sebuah negara adidaya. Dalam buku Critias, Plato menguraikan secara rinci mengenai sebuah benua (baca: pulau) yang pernah ada dan ia namakan Atlantis.

Critias sendiri merupakan salah satu dari trilogi buku Plato, Hermocrates dan Timaeus. Perkataan Atlantis dan cerita di dalamnya keluar dari raulut Critias.

Plato menuliskan deskripsi hasil percakapan segi empat antara Critias, Timaeus, Hermocrates, dan Socrates.

Baca Juga : Letusan Dahsyat Gunung Krakatau 1883 Disebut sebagai ‘Kunci Jawaban’ Tenggelamnya Benua Atlantis yang Misterius

Deskripsi ricni benua Atlantis berasal dari penjelasan Critias atas pertanyaan Hermocrates tentang agama dan cara berdoa para dewa-dewi. "Baik, akan aku kemukakan argumen yang pernah diceritakan Solon kepada mendiang kakekku," kata Critias.

Solon (meninggal pada 558 SM) konon memperoleh dokumen dan informasi lengkap tentang Atlantis dari seorang agamawan Mesir. Solon berkawan dekat dengan kakek Critias.

Mendiang kakek Critias atas keterangan Solon selanjutnya bercerita, pada 9.000 tahun SM terjadi perang hebat antara orang-orang yang bermukim di suatu tempat bernama Pilar Heracles (kini Selat Gibraltar) dan orang-orang di luarPilar Heracles.

"Perang yang saya gambarkan paling dahsyat yang pernah terjadi antara bangsa Athena dan bangsa Atlantis," kata Critias menirukan ucapan kakeknya.

Source : Majalah Intisari Edisi April 1994

Editor : Yoyok Prima Maulana

Baca Lainnya

Latest