Aduh, Warga Timor Leste Kepergok Selundupkan BBM dari Indonesia, Padahal Negaranya Ngaku bisa Dapat Untung Ratusan Triliun dari Hasil Minyak dan Gas

Kamis, 30 Desember 2021 | 15:31
Tribunnews

Ratusan warga Timor Leste nekat terobos Indonesia

Suar.ID -Warga Timor Leste Kepergok Selundupkan BBM dari Indonesia, Padahal Negaranya Ngaku bisa Dapat Untung Ratusan Triliun dari Hasil Minyak dan Gas.

Minyak dan gas bumi menjadi sumber ekonomi Timor Leste setelah lepas dari Indonesia.

Nilai pendapatan dari sektor itu mencapai US$ 23 miliar atau sekitar Rp 329 triliun selama 15 tahun terakhir.

Alhasil, angka tersebut dilaporkan mampu membayar 86 persen kegiatan negara.

Baca Juga: Negaranya Nekat Merdeka Dari Indonesia, Ini Alasan Ratusan Warga Timor Leste Terabas Perbatasan Masuk Indonesia, Ternyata Kegiatan Ini Masuk Kategori Terlarang Di Bumi Lorosae

Kendati demikian, Timor Lestesempatketahuan menyelundupkan minyak dari Indonesia.

Beberapa waktu lalu, TNI pernah pernah menggagalkan penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) dari Indonesia ke negara tetangga.

Mengejutkannya, negara yang menjadi tujuan penyelundupan adalah Timor Leste.

Padahal, Timor Leste mengaku memiliki ladang minyak yang melimpah.

Baca Juga: Nasib Ekonomi Timor Leste Masih Terlunta-lunta, Setelah 20 Tahun Merdeka dari Indonesia, Bumi Lorosae Masih Bergantung Pada Bantuan Australia

Terbongkarnya kasus penyelundupan BBM tersebut pun jadi sorotan.

Pasalnya, jumlah minyak yang diselundupkan tak sedikit.

Kejadian tersebut menjadi sorotan banyak pihak.

ist
ist

Timor Leste

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Max Stahl, Sosok Yang Lihat TNI Tembaki Ratusan Warga Timor Leste Di Peristiwa Santa Cruz | Nagita Slavina Nangis, Raffi Ahmad Sewa Kuasa Hukum, Ada Apa?

Aparat TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Timur, Yonif Raider 408/Sbh, saat itu berhasil menggagalkan penyelundupan ribuan liter Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah perbatasan RI-RDTL.

Mayor Inf Joni Eko Prasetyo, Dansatgas Yonif Raider 408/Sbh mengungkapkan, BBM tersebut diamankan di tiga tempat berbeda.

Kepada Kompas.com, Joni mengatakan, "Ada 1.445 liter BBM yang berhasil kami amankan, dengan rinciannya 1.410 liter jenis minyak tanah dan 35 liternya adalah solar."

Baca Juga: 22 Tahun Lalu Nekat Merdeka dari Indonesia, Timor Leste kini malah Minta Belas Kasih Ibu Pertiwi, Xanana Gusmao: Kami tidak Punya Apa-apa

Joni menambahkan, cara pelaku melakukan penyelundupan BBM dengan dimasukan ke dalam jeriken berbagai ukuran.

Kemudian, BBM selundupan tersebut ditimbun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk diselundupkan ke Timor Leste.

Pertama kali penyelundupan BBM tersebut digagalkan oleh Pos pengamanan di Nunura Kipur 2 di Desa Tohe, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu.

tribunnews.com
tribunnews.com

Ilustrasi ladang minyak Timor Leste

Baca Juga: Inilah Sosok Max Stahl, Wartawan Inggris Yang Lihat Dengan Mata Kepala Sendiri Tentara Indonesia Tembaki Warga Timor Leste Saat Peristiwa Santa Cruz 1991

Sementara, terbongkarnya kasus kedua digagalkan oleh Pos Delomil Kipur 2 di area hutan larangan Dusun Delomil, Desa Lamaksenulu, Kecamatan Lamaknen, Belu.

Penyelundupan yang ketiga kalinya digagalkan oleh Pos Motaain PLBN Kipur 1 di Pantai Pasir Putih, Desa Kakuluk Mesak, Kecamatan Tasifeto Timur, Belu.

Kasus penyelundupan BBM ini terbongkar dari adanya laporan maupun pengaduan masyarakat melalui salah satu pos yang terdekat yaitu Nunura, Delomil dan Motaain PLBN.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Aduh, Warga Timor Leste Ini Mengaku Salah Pilih Saat Referendum 1999 Lalu | Tak Diharapkan Keluarga Cendana, Mayangsari Sempat Katakan Ini Pada Bambang Trihatmodjo

Joni mengungkapkan, "Awalnya anggota pos menerima informasi tentang adanya oknum masyarakat yang akan melakukan kegiatan ilegal penyelundupan BBM ke Timor Leste, melalui jalan tikus dan pantai yang ada di perbatasan,"

"Sehingga, anggota bergerak cepat mengagalkan penyelundupan BBM itu."

Joni mengatakan, penggagalan penyelundupan tersebut dikarenakan adanya kedekatan dan kepercayaan masyarakat kepada Satgas.

Hal itu menjadi kunci untuk bersama-sama mencegah berbagai tindakan yang merugikan dan membahayakan masyarakat setempat maupun negara.

Baca Juga: Plaza Timor kini Nyaris Dikuasai China, Terbongkar Maksud Tersembunyi Negeri Tirai Bambu Kirim 4.000 Warganya Menetap di Timor Leste

Penyelundupan 1.410 liter BBM jenis minyak tanah dan solar ini merupakan akumulasi yang berhasil digagalkan oleh Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh.

Kejadian tersebut hanya terjadi selama satu pekan.

Menurut Joni, kehadiran Satgas Yonif Raider 408/Sbh di perbatasan RI-RDTL merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya berbagai kegiatan ilegal di wilayah tersebut.

Salah satunya, tindak kejahatan yang bersifat lintas negara yang sangat berpotensi merugikan masyarakat setempat maupun negara.

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya