Nyesel Merdeka? Timor Leste Dikabarkan Akan Bangkrut Setelah Cadangan Minyak Menipis hingga Dijuluki Negara Termiskin di Dunia

Sabtu, 27 November 2021 | 17:03
United Nations

Potret upacara bendera di Timor Leste.

Suar.ID - Timor Leste merupakan salah satu negara yang belakangan ini dikabarkan akan bangkrut karena kondisi ekonomi yang tidak stabil.

Melansir dari Kompas.com, Timor Leste pada zaman dulu pernah menjadi bagian dari Indonesia hingga akhirnya mereka memilih untuk memerdekakan diri.

Setelah merdeka, Timor Leste mendapat banyak sekali cobaan hingga dijuluki sebagai salah satu negara termiskin di dunia.

Mengutip dari Grid Hot, Timor Leste dikenal sebagai negara miskin di dunia, menempati urutan ke 152 dari 162 peringkat ekonomi dunia.

Baca Juga: 100 Ribu Warga Timor Leste Pontang-Panting Kabur Cari Perlindungan, Indonesia Satu-satunya Jalan Keluar, Bumi Lorosae Sempat Porak Poranda Gegara Pria Ini

Bahkan dikatakan Timor Leste semakin mendekati kebangkrutan karena ladang minyaknya yang semakin menipis.

Timor Leste dikatakan memiliki cadangan uang yang semakin sedikit dengan pendapatan satu-satunya hanyalah ladang minyak yang dikelola oleh asing.

Minyak yang dihasilkan ladang minyak Timor Leste akan diberikan dalam bentuk royalti, oleh perusahaan yang mengerjakan mintak tersebut.

Baca Juga: Dulu Bilang Indonesia Negara Penjajah, Sekarang Kata-kata Mantan Perdana Menteri Timor Leste Ini Sudah Berubah

Menurut Dokumen Kementerian Luar Negeri Selandia Baru, ini sangat berbahaya.

Ladang minyak yang semakin menipis membuat negara itu semakin kehabisan sumber pendapatannya.

Belum lagi proyek pembangunan yang diprediksi akan memakan uang dalam jumlah besar, dan utang yang cukup tinggi dari China.

"Lebih dari 75 persen sumber daya di ladang Bayu-Undung dan Kitan telah habis," kata dokumen kementerian itu.

"Sejak 2012 (pendapatan minyak dan gas) mengalami penurunan," katanya.

"Pada 2014, pendapatan minyak dan gas memberikan pendapatan 40 persen lebih rendah kepada pemerintah Timor Leste dibandingkan pada 2013," imbuhnya.

Baca Juga: Waduh Kacau! Banyak Orang Timor Leste Ketahuan Masuk Indonesia Secara Ilegal, Nyesel Pisah dari Ibu Pertiwi?

Pada tahun 2014, dana minyak bumi menyumbang 93 persen dari total pendapatan negara.

Tetapi pemerintah telah menghabiskan dua kali pendapatan sebenarnya dari dana tersebut setiap tahun sejak 2008.

Editor : Adrie Saputra

Sumber : Kompas.com, GridHot.ID

Baca Lainnya