Masyarakat Se-indonesia Tertipu, Belang Keluarga Akidi Tio Akhirnya Terungkap, Tak Cuma Diduga Tipu Uang Sumbangan Penanggulangan Covid-19 Tapi Juga Punya Hutang Sebanyak Ini!

Selasa, 03 Agustus 2021 | 12:03
DOK. HUMAS PEMPROV SUMSEL

Irjen Pol Eko Indra Heri menerima bantuan dari keluarga Akidi Tio yang disumbangkan untuk penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan, Senin (26/7/2021).

Suar.ID - Sempat bikin bangga seluruh masyarakat Indonesia, kini belang keluarga Akidi Tio yang diduga memberi hibah Rp 2 triliun untuk penanganan Covid-19 sedikit demi sedikit terkuak.

Dana hibah Rp 2 trliun ini diduga bohong belaka alias hoaks.

Kini sang anak ini pun jadi tersangka di Polda Sumatera Selatan.

Pada Senin (2/8) merupakan batas terakhir penyerahan uang.

Baca Juga: Mana Nih Yang Benar? Polisi Sebut Sumbangan 2 Triliun Akidi Tio Bukan Prank Cuma Belum Bisa Dicairkan Karena Masalah Teknis, Kok Kemarin Anaknya Ditangkap?

Ketika dijemput oleh Polda Sumsel, Heriyanti anak bungsu Akidi Tio ini ternyata tak memiliki uang ini.

Heriyanti yang menyerahkan secara simbolis bantuan ke Kapolda Sumsel bakal ditetapkan sebagai tersangka.

Dilansir TribunSumsel.com, hal ini dikatakan langsung Dir Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Ratno Kuncoro saat meminta tanggapan Prof Dr dr Hardi Darmawan yang merupakan dokter keluarga yang jadi perantara saat penyerahan simbolis dana ini.

"Ternyata Uang 2 T tidak ada, menurut bapak Heriyanti salah atau tidak," ujarnya, senin (2/8/2021).

Baca Juga: Gubernur Sumsel Ternyata Sejak Awal Sudah Merasa Bahwa Ada yang Ganjil dari Hibah Rp 2 Triliun Akidi Tio

"Tidak benar pak sudah kita cek uang itu tidak ada.

"Nah dengan kondisi itu dia akan jadi tersangka," kata Ratno menambahkan.

Prof Dr dr Hardi Darmawan ini hadir di gedung Ditkrimum Polda Sumsel hanya berselang sepuluh menit usai kedatangan Heriyanti.

Dok Polda Sumsel

Anak Akidi Tio, Heriyanti yang ditangkap polisi lantaran hoaks sumbangan Rp 2 triliun untuk warga Sumatera Selatan. Ini foto tampangnya.

Polisi pun ingin meminta keterangan mantan Dirut RS RK Charitas ini soal rencana bantuan Rp 2 triliun yang sempat digaungkan Heriyanti langsung ke Kapolda Sumsel.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Nekat Mau Perkaraan Penghina Anaknya, Ayu Ting Ting Malah Terancam Kehilangan Karier | Firasat Greysia Polii Sebelum Sabet Medali Emas Olimpiade Tokyo

"Maksudnya apakah bapak mengecam tindakan Heriyanti atau tetap mendukung dia," tanya Ratno.

"Bapak setuju kita penjarakan dia," kembali Ratno bertanya.

Mendengar pertanyaan ini, Hardi Darmawan hanya bisa diam.

Ia pun masih nampak kebingungan dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Baca Juga: Satu Indonesia Kena Tipu, Penyebar Video Asusila Gisel ini Akhirnya Bocorkan Sosok Pertama Penyebar Video 19 Detik Usai Divonis 9 Bulan Penjara, Sebut Sang Artis Sendirilah yang Melakukannya, Sempat Tunjukkan Bukti Kuat ini, Wah Apa Ya?

"Saya tidak tahu (uangnya ada atau tidak). Dia mengatakan pada saya ada (uang itu)," ujar dr Hardi.

Selanjutnya, Kombes Pol Ratno Kuncoro ini pun kembali menimpali pertanyaan apakah Prof Hardi Darmawan ini setuju bila Heriyanti harus meminta maaf pada seluruh masyarakat Indonesia atas kebohongan yang sudah dilakukannya.

"Ya kalau tidak ada, harus minta maaf ke masyarakat Indonesia," ujarnya.

Usai menyampaikan hal ini, Prof Hardi Darmawan selanjutnya dibawa ke ruang Dir Krimum Polda Sumsel untuk bertemu langsung dengan Heriyanti.

Baca Juga: Kini Akur Lagi usai Luna Maya Panas Gegara Cut Tari Ngaku 3 Kali Berhubungan Badan dengan Ariel Noah, Ternyata Ada Peran Penting Sosok Ini Dibaliknya

Utang Heriyanti

Sebelumnya, pada Kamis (29/7) Heriyanti ini dijemput Kabid Keuangan Polda Sumsel, Kombes Pol Heni Kresnowati, anak bungsu mendiang Akidi Tio dari rumahnya yang berada di kawasan Ilir Timur I Palembang.

KOMPAS.COM/AJI YK PUTRA
KOMPAS.COM/AJI YK PUTRA

Heriyanti anak Akidi Tio

Dari informasi yang dihimpun, Heriyanti ini dibawa ke Mapolda Sumsel untuk membuat surat pernyataan hitam diatas putih terkait kapan waktu pasti dana bantuan ini cair.

Namun, ketika ditanya soal alasan Heriyanti ini dibawa ke Mapolda Sumsel, Kapolda cuma memberikan keterangan singkat.

"Cuma ngobrol-ngobrol," jawabnya.

Baca Juga: Sempat Ogah Tidur di Kamarnya Sendiri Karena Ada Kecoa, Eva Celia Rela Pindah ke Sofa, Ternyata Penyanyi Muda Ini Belum Tahu Cara Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami Ini

Di sisi lain, fakta utang Heriyanti ini diungkap oleh Siti Mirza Nuriah SpOG yang merupakan orang dekat dengan anak bungsu mendiang Akidi Tio ini.

Ia pun menjawab perihal kabar yang menyebutkan kalau Heriyanti, anak bungsu Akidi Tio ini memiliki utang pada beberapa orang termasuk dirinya.

Menurutnya, utang ini sendiri adalah perjuangan Heriyanti untuk bisa memberikan bantuan pada masyarakat khususnya di Sumsel.

"Oh iya tidak apa-apa, itu usaha dia untuk mendapatkan," ujarnya.

Baca Juga: Sudahi Garuk-garuk Kepalamu, Ternyata Pakai Bahan Dapur Ini Manjur Banget Jadi Cara Mengatasi Ketombe, Apa Saja Ya? Intip Satu-satu Yuk!

Ketika dikonfirmasi ulang soal uang Rp 2 triliun yang ternyata cuma kabar bohong, Siti Mirza Nuriah pun hanya berkomentar singkat.

"Nah hilang duitku, tidak bisa kembali lagi," ujarnya.

Baca Juga: Nggak Pede Karena Masalah Bau Badan Tak Sedap, Mulai Sekarang Kurangi Makan Makanan Berikut Ini, Sepele tapi Ampuh Sebagai Cara Mengatasi Bau Badanmu!

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : TribunSumsel.com

Baca Lainnya