Takut ke Rumah Sakit di Masa Pandemi? Dokter Ungkapkan Cara Mudah Obati Gejala Ringan Covid-19 dari Rumah hanya dengan Konsumsi Ini

Kamis, 22 Juli 2021 | 19:38
Freepik

Begini cara mengobati gejala ringan Covid-19 di rumah saja.

Suar.ID -Dokter Ungkapkan Cara Mudah Obati Gejala Ringan Covid-19 dari Rumah hanya dengan Konsumsi Ini.

Sebagian besar pasien virus corona hanya mengalami gejala yang ringan saja.

Mereka pun bisa sembuh sendiri di rumah.

MenyadurBusiness Insider, seorang dokter dari Harvard Medical School, Abraar Karan berkata, manajemen diri terhadap gejala virus corona di rumah mirip dengan flu pada umumnya.

Baca Juga: Di Tengah Angka Covid-19 yang Tinggi di Tanah Air, Satu Keluarga ini Berhasil Sembuh Usai Positif Tanpa Perawatan Medis, Ternyata Hal Sepele Inilah yang Mereka Lakukan Selama Isoman, Sungguh Tak Terduga!

Penderita harus beristirahat, minum air putih yang cukup, dan mengisolasi diri dari anggota keluarga yang lain.

Saran yang terakhir, isolasi diri, adalah yang sangat penting dilakukan.

Abraar Karan berkata, pasien dengan gejala Covid-19 ringan dapat menggunakan obat bebas seperti Tylenol untuk mengatasi demam akibat virus corona.

Baca Juga: Satu Indonesia Dijamin Nyesel Kalau Baru Tahu, Ternyata Keampuhan Vaksin Covid-19 ini Bisa Menurun Bagi Penyitas yang Pernah Kena Virus Corona Jenis ini, Begini Penjelasannya...

Sedangkan untuk NSAID, seperti Ibuprofen, Advil, dan Motrin, Abraar Karan menyebut masih ada perdebatan apakah obat-obatan itu malah memperparah gejala Covid-19.

Sementara itu, Rishi Desai, kepala petugas medis di Osmosis, turut memberikan sarannya soal penanganan virus corona di rumah.

Rishi Desai mengatakan, orang yang sakit harus tidur sendirian di rumah.

Freepik/benzoix
Freepik/benzoix

Gejala covid-19 dan flu biasa

Baca Juga: Masyarakat Se-Indonesia Wajib Tahu, Demi Tunjang Daya Tahan Tubuh di Tengah Pademi Covid-19, WHO Malah Tak Sarankan untuk Konsumsi Madu, Begini Penjelasan Ahli...

Ia juga harus menggunakan kamar mandi yang terpisah dan sebisa mungkin jangan keluar rumah.

Selanjutnya, menurut Rishi Desai, minum air dengan sedikit gula dan garam (daripada hanya air saja), sebenarnya bisa membantu tubuh menyerap cairan.

Pasien yang merawat diri di rumah juga harus memperhatian gejala mereka, apakah membaik atau semakin parah.

Freepik

Ilustrasi merasakan gejala seperti Covid-19

Baca Juga: Siang-siang Bolong Asik Pesta Miras Sambil Joget-joget, 3 dari 28 Oknum Satpol PP Positif Covid-19, Alami Demam dan Batuk

"Jika muncul gejala seperti sesak napas, lemas parah, kekurangan oksigen yang ditandai dengan kebiru-biruan di sekitar bibir, maka segeralah cari perawatan di unit gawat darurat," ucap dokter Michael Gross, kepala petugas medis di Huntington Hospital.

Selain tetap dikarantina dan mendesinfeksisekitarnya setiap hari, mereka yang positif virus corona harus memberitahukannya kepada siapa pun yang sempat mereka temui.

"Orang-orang itu harus sadar bahwa mereka mungkin telah tertular,"

"Sehingga, mereka dapat memonitor sendiri gejalanya, ini yang disebut pelacakan kontak," ucap Rishi Desai.

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Business Insider

Baca Lainnya