Masyarakat Se-Indonesia Wajib Tahu, Demi Tunjang Daya Tahan Tubuh di Tengah Pademi Covid-19, WHO Malah Tak Sarankan untuk Konsumsi Madu, Begini Penjelasan Ahli...

Rabu, 21 Juli 2021 | 15:33
foto: freepik.com (free resource)

ilustrasi madu

Suar.ID - Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, banyak orang pun berusaha mati-matian menjaga daya tahan tubuhnya.

Pasalnya, imun tubuh yang baik dapat menghindarkan kita dari terjangkit virus Covid-19 ini.

Kini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ini mengeluarkan tips menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga: Kalap Makan Daging Kambing dan Sapi Kurban Idul Adha, Sebaiknya Minum Minuman Ini Bisa Mencegah Kolestrol Naik!

Dilansir Nakita.ID, menjaga imun tubuh ini danagtlah penting untuk memerangi kehadiran virus yang disinyalir berasal dari Tiongkok ini.

WHO pun merekomendasikan diet gizi seimbang untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini dikarenakan nutrisi serta hidrasi sangatlah penting dalam meningkatkan imun.

Baca Juga: Jangan Sampai Nggak Tahu, Sediakan Makanan dan Minuman Ini saat Mengonsumsi Daging Kurban, Ternyata Bisa Tangkal Efek Buruk Daging Kambing Lho!

Namun yang mengejutkan adalah WHO ini membuat daftar makanan yang wajib dihindari demi menjaga kesehatan.

Satu diantaranya ini adalah madu.

Pixabay
Pixabay

Ilustrasi madu

Pasalnya, madu ini porsinya sebagai sumber gula.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmi Perpanjang PPKM Darurat Hingga 4 Hari Ke Depan, Begini Ketentuan Yang Harus Diperhatikan Para Pelaku Bisnis

Tak cuma madu, WHO juga menyarankan untuk tak mengkonsumsi jagung, susu, gula aren dan gula tebu.

Ini dikarenakan tambahan gula ini artinya akan memberikan kalori ekstra pada makanan tanpa memberikan tambahan nutrisi baik.

Akibat hal ini, makanan tinggi gula bisa meningkatkan risiko kesehatan seperti berat badan naik dan masalah gigi mulut.

Baca Juga: Mencak-mencak Kaca Spion Mobil Hilang saat Idul Adha, Ussy Sulistiawaty Siap Berikan Uang Segini untuk Siapa saja yang Tahu Pencurinya: Pengen Kenalan sama nih Maling

Tak cuma gula, WHO juga melarang makanan tinggi garam seperti makanan kemasan dan juga cemilan.

Selain itu usahakan juga untuk selalu mengkonsumsi makanan utuh dan segar hingga nutrisi yang didaptkan ini menjadi lebih optimal.

Selanjutnya,Dr. Arti Indira,Sp. GK, M. Gizi, dokter spesial gizi ini mengungkapkan kalau diet gizi seimbang bisa dilakukan dengan memperbanyak makanan segar.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Prilly Latuconsina Pamer Lekuk Tubuh Hanya Ditutup Selembar Kain | Kabar Mantan Model Dewasa Andhara Early Yang Pernah Digosipkan Punya Anak Dengan Ariel NOAH

Tak cuma itu, Anda juga diharuskan membatasi gula garam serta memenuhi kebutuan nutrisi.

Freepik/jcomp

Ilustrasi gula

“Jadi, setengah dari piringnya perbanyak sayuran sedikit buah-buahan, setengah laginya bagi dua, seperempat untuk sumber karbohidrat dan seperempat lagi untuk sumber protein,” jelas dr. Arti.

Menurutnya, WHO ini juga mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan mental untuk meningkatkan sistem imun.

Baca Juga: Abdul Rozak Sindir Balik Para Haters yang Suka Mencibir Putrinya Ketika Ayu Ting-ting Masuk ke Dalam Nominasi 100 Wanita Tercantik: Anjing Menggonggong Kafilah Berlalu

“Kalau dilihat di rekomendasi WHO ini ada juga phsyco social support, jadi WHO juga menyadari kalau sudah menerapkan diet gizi seimbang, tapi kalau kondisi mental tidak baik, maka sistem imun tidak akan optimal,” tukasnya.

Baca Juga: Gerah Masalah Rumah Tangga Disebut Settingan, Rizki DA untuk Pertama Kalinya Gandeng Nadya Mustika dan Bayinya ke Kampung Halaman Ketemu Keluarga Besar: Banyak yang Menghujat, Itu Mengganggu

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya