Bandingkan Normalisasi Era Ahok dan Naturalisasi Anies Baswedan, Kadis SDA DKI Jakarta yang Baru Dilantik dan Sempat Dipuji BTP Beberkan Hal Ini: Nggak Ada Lagi Dikotomi

Kamis, 25 Februari 2021 | 18:00
Kolase Tribun Kaltim/Tribun Jakarta dan Warta Kota

Kadis SDA DKI Jakarta bandingkan program naturalisasi Anies Baswedan dan normalisasi era Ahok.

Suar.ID -Kepala Dinas Sumber Daya Air (Kadis SDA) DKI Jakarta, Yusmada Faizal menyoroti istilah normalisasi dan naturalisasi sungai yang berlaku di eraBasuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dan Anies Baswedan.

Program normalisasi sungai diketahui merupakan salah satu upaya pencegahan banjir di era Gubernur Ahok yang dikerjakan bersama pemerintah pusat.

Anies lantas mengubah istilah normalisasi dengan naturalisasi untuk mengatasi banjir di Ibu Kota.

Baca Juga: Anies Baswedan Tiru Jurus Ahok Lantik Sosok Ini Demi Atasi Banjir Jakarta, Pernah Disebut BTP 'Orang Top'

Menurut dia, Pemprov DKI Jakarta saat ini berfokus menambah kapasitas air pada saluran-saluran air di Ibu Kota, bukan malah mendikotomikan istilah normalisasi dan naturalisasi sungai.

"Sekali lagi enggak ada lagi dikotomi naturalisasi normalisasi," ucap Yusmada sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Rabu (24/2/2021).

Mengenai normalisasi, Yusmada menilai bahwa Pemprov DKI Jakarta memiliki kewenangan untuk melakukan pengadaan tanah.

Baca Juga: Anies BaswedanCopotKepala Dinas Sumber Daya Air, Padahal Baru saja Bela Program Sang Gubernur DKI Jakarta yang Terpojok Terkait Program Penanganan Banjir, Ada Masalah Apa?

Sementara itu, konstruksinya merupakan kewenangan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Adapun upaya-upaya yang dilakukan bisa melalui cara alami maupun dengan penambahan sheet pile sebagai penahan dinding tebing.

Tribun Jakarta
Tribun Jakarta

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faizal

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Kondisi Ashanty Semakin Mengkhawatirkan, Anang Hermansyah Langsung Putuskan Ini | Anak Buah Anies Baswedan Tegaskan Tak Ada Program Warisan Ahok dan Jokowi Yang Dihapus

"Bahwa penanganannya nanti bisa dengan cara-cara yang natural atau bisa sheet pile."

"Sheet pile itu sebagai penahan-penahan dinding tebing, itu konstruksinya," kata Yusmada.

Pria yang baru saja dilantik sebagai Kepala Dinas SDA itu mengaku memiliki beberapa program terkait pengendalian banjir di Jakarta.

Kolase Instagram Anies Baswedan
Kolase Instagram Anies Baswedan

Anies Baswedan

Baca Juga: Bantah Hapus Program Warisan Ahok dan Jokowi Demi Tangani Banjir Jakarta, Anak Buah Anies Baswedan: Nggak Ada yang Stop

Dia menjabarkan, pihaknya akan merevitalisasi polder serta membangun polder baru.

Selain itu, Dinas SDA DKI Jakarta juga akan mengendalikan debit aliran air dari hulu dengan membangun waduk-waduk besar.

Upaya lain yang akan dilakukan adalah dengan membangun tanggul pantai, mengendalikan limbah, mengelola air limbah, serta menyediakan air bersih.

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Kompas.com, Kompas TV

Baca Lainnya