Habib Rizieq Ditahan, FPI Dibubarkan, Pernyataan Keras Ahok dengan Suara Bergetar pada 2017 Silam kembali jadi Sorotan: Saya akan Buktikan, Satu per Satu Dipermalukan!

Jumat, 01 Januari 2021 | 15:00
Dok. Kompas.com / REPUBLIKA / RAISAN AL FARISI

Habib Rizieq Ditahan, FPI Dibubarkan, Pernyataan Keras Ahok dengan Suara Bergetar pada 2017 Silam kembali jadi Sorotan: Saya akan Buktikan, Satu per Satu Dipermalukan!

Habib Rizieq Ditahan, FPI Dibubarkan, Pernyataan Keras Ahok dengan Suara Bergetar pada 2017 Silam kembali jadi Sorotan: Saya akan Buktikan, Satu per Satu Dipermalukan!

Suar.ID -Pernyataan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dalam persidangan pada2017 lalu kembali viral.

Hal ini menyusul pernyataan resmi pemerintah yang melarang aktivitas Front Pembela Islam (FPI) di wilayah hukum NKRI.

Pernyataan keras Ahok pada 2017 silam, tak hanya ditujukan kepada Pemimpin FPI, Rizieq Shihab tapi juga ditujukan kepada Ketua MUI saat itu, KH Maruf Amin.

Saat itu Habib Rizieq Shihab dan KH Maruf Amin sebagai saksi di persidangan kasus dugaan penistaan agama yang mendudukkan Ahok di kursi pesakitan.

Baca Juga: Ahok Bongkar Gajinya Rp 170 Juta sebagai Komisaris Pertamina, BTP kini justru Menyesal Sudah Beli Mobil Baru: Rugi Juga Kemarin Beli

Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok keberatan dengan sejumlah kesaksian Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin.

Pertama, dia merasa keberatan karena disebut menghina ulama dengan perkataannya.

"Saya juga keberatan warga Kepulauan Seribu disebut takut, warga Pulau seribu ketawa-ketawa."

"Saya kemarin ke sana keliling enam pulau diterima dengan baik," ujar Basuki atau Ahok dalam persidangan di Kementerian Pertanian, Ragunan, Selasa (30/1/2017), melansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Tak Ragu Ancam Pecat Anak Buahnya yang tak Bisa Penuhi Target, Sifat Ahok saat Mendidik Buah Hatinya dengan Puput Nastiti Devi justru Berbanding Terbalik: Dia Malah Salah Fokus

Ahok juga keberatan MUI menunjuk pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai ahli agama.

Menurut dia, Rizieq sudah subyektif karena secara pribadi memiliki ketidaksukaan terhadap dia.

Sejak Ahok ingin naik menjadi gubernur menggantikan Jokowi yang diangkat jadi presiden, Rizieq sudah melakukan aksi demo.

Baca Juga: Ahok Jabat Komisaris Utama Pertamina, Peramal Ini Justru Sebut BTP Akan Gagal Memimpin Perusahaan Plat Merah Itu karena Gaya Bicaranya: Masih Banyak Orang yang Tidak Suka

"Sementara GNPF MUI dipimpin oleh wakilnya Rizieq Shihab yang saudara saksi tunjuk sebagai saksi ahli agama, jelas demo semua mendukung mau memenjarakan saya," ujar Ahok.

"Sampai beberapa kali sidang hingga hari ini, selama tiga jam sidang, saya dengar dengan jelas memaksa memenjarakan saya, minta gantung saya, salibkan saya, ini jelas memakai MUI, saudara membiarkan Rizieq melakukan itu," kata Ahok.

Ahok juga merasa keberatan dengan Ma'ruf yang meralat pernah bertemu dengan pasangan calon Agus Yudhoyono-Sylviana Murni pada 7 Oktober.

Tribunnews

Rizieq Shihab dan Ahok

Baca Juga: Sempat Dipenjara di Mako Brimob, Komisaris Pertamina Ahok Bandingkan Kondisi Dengan Saat Lakukan Isolasi Mandiri di Rumah: Kayaknya Ini Lebih Enak, Sih

Menurut dia, Ma'ruf ingin menutupi riwayat hidupnya yang pernah menjadi anggota Wantimpres pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Padahal, pengacaranya memiliki bukti bahwa SBY meminta Ma'ruf bertemu dengan Agus-Sylviana.

"Artinya, saudara saksi sudah tidak pantas jadi saksi karena sudah tidak obyektif lagi, ini sudah mengarah mendukung paslon nomor satu," ujar Ahok.

Baca Juga: Masih Tinggal Bareng Mertua, Ahok Miris dengan Pekerjaan Ayah Puput Nastiti Devi Saat Pandemi Corona: Mertua Saya Pulang, Disemprotin Disinfektan

Suara Ahok terdengar bergetar saat menyampaikan keberatan-keberatan itu.

Ahok kemudian berjanji akan membuktikan bahwa kesaksian Ma'ruf tidak benar.

"Percayalah, sebagai penutup, kalau Anda menzalimi saya, yang Anda lawan adalah Tuhan yang Mahakuasa, Maha Esa, saya akan buktikan satu per satu dipermalukan! Terima kasih," ujar Ahok.

Baca Juga: Veronica Tan Tiba-tiba Diundang Istri Anies Baswedan ke Rumah 'Kenangan Pahit' saat Masih jadi Istri Ahok, Reaksinya jadi Sorotan: Terima Kasih Banyak, Ini Nostalgia

Ahok Tanggapi Kepulangan Habib Rizieq Kembali ke Indonesia

Habib Rizieq pulang ke Indonesia, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok BTP sempat angkat bicara mengenai kepulangan Imam Besar FPI tersebut.

Sebelum Rizieq meninggalkan Indonesia dan menetap di Arab Saudi selama beberapa tahun, Ahok dan Rizieq diketahui memiliki hubungan tidak harmonis.

Saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Rizieq memimpin gelombang aksi unjuk rasa besar-besaran untuk menuntut Ahok segera dipenjara.

Tribunnews
Tribunnews

Habib Rizieq Shihab

Baca Juga: Tak Sengaja Lihat Ada Sepatu Basah, Adik Ahok Yang Awalnya Bungkam Akhirnya Bongkar Dugaan Perselingkuhan Veronica Tan Dengan Teman Dekatnya

Tuntutan tersebut dilayangkan karena Ahok dianggap telah menghina Islam usai mengutip surat Al Maidah ayat 51 pada akhir 2016 lalu.

Gelombang aksi unjuk rasa dimulai pada Oktober 2016.

Aksi anti Ahok itu dimotori berbagai organisasi Islam.

Organisasi tersebut antara lain, Front Pembela Islam (FPI), Forum Umat Islam (FUI) hingga Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi).

Baca Juga: Ahok Mengaku Muak Lihat Menteri yang Tertangkap KPK karena Korupsi Sembako: Kasian Banget

Setelah aksi itu, terjadi rentetan aksi unjuk rasa lainnya.

Bahkan dengan pengerahan massa yang semakin besar.

Tuntutan mereka pun masih sama: meminta Ahok diadili secara hukum.

Aksi tersebut pun dianggap membuahkan hasil.

Baca Juga: Padahal Dituding Selingkuh oleh Ahok, Veronica Tan Masih Simpan 3 Foto Kenangan Indah Bersama Sang Mantan Suami Ini, Masih Ada Rasa Sayang ke BTP?

Sebab, tak lama kemudian Ahok ditetapkan sebagai tersangka dan diseret ke meja hijau.

Di persidangan, Ahok dinyatakan terbukti bersalah melakukan penodaan agama.

Oleh hakim, Ahok kemudian divonis dua tahun penjara karena melanggar Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama.

Setelah Ahok dipenjara, tak lama berselang giliran Rizieq tersangkut perkara hukum.

Baca Juga: Jarang Tersorot, Inilah Sosok Ibu Mertua Ahok, Ibunda Puput Nastiti Devi Ternyata Tak Kalah Cantik dengan Sang Putri, Cukup Berpenampilan Sederhana

Ia dijerat dengan dugaan konten pornografi.

Itu sebabnya, ia memilih meninggalkan Indonesia pada pertengahan 2017 silam.

Sejak saat itulah, Rizieq menetap di Arab Saudi selama beberapa tahun.

Komisaris PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan sudah mengetahui kabar rencana kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air.

Baca Juga: Lega Cerai dari Veronica Tan yang Dituding Selingkuh, Ahok kini Bersyukur Punya Istri Puput Nastiti Devi: Kamu Penuh Sukacita, Peduli pada Saya dan Keluarga

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak mempersoalkan jika Rizieq Shihab kembali ke Indonesia.

Sebaliknya, Ahok menyambut baik kepulangan Rizieq Shihab tersebut.

Ia menyampaikan pernyataan sambutan tersebut meski hanya singkat.

"Selamat kembali di Tanah Air," kata Ahok di Jakarta pada Rabu (4/11/2020), melansir Tribunnews.

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Kompas.com, Tribunnews

Baca Lainnya