Mimpi Buruk Irak jadi Kenyataan, 24 Jet Tempur Operasi Babilon Israel tiba-tiba Membumihanguskan Reaktor Nuklir yang Dibangga-banggakan Saddam Husein!

Jumat, 16 Oktober 2020 | 10:30
National Interest

Pesawat jet tempur F-16.

Suar.ID- Irak sempat mendapat serangan mendadakdari Israel.

Dengan 24 pesawat tempur Angkatan UdaraIsrael, seolahmenjadi mimpi buruk bagi Irak.

Pada 7 Juni 1981 siang, 24 pesawat tempur yang terdiri atas F-15 dan F-16 yang sudahdimodifikasi, lepas landas dari pangkalan Beersheba.

Sejumlah pesawat tempur F-15 dan F-16 juga terbang menuju Irak.

Baca Juga: Sudah Jadi Budak Seks oleh ISIS, Wanita Ini Juga Enggak Sadar Telah Memakan Bayinya Sendiri yang Dihidangkan dalam Sepiring Nasi

Formasi terbang dua lusin pesawat tempur yang memiliki sandi 'Operasi Babilon' (Operation Babylon) itu merupakan manuver “intelijen” karena semua pesawat tempur terbang rapat di atas Boeing 707 Israel.

Jika dilihat dari bawah, maka yang tampak adalah badan Boeing 707, pesawat komersial yang biasa lewat di jalur penerbangan resmi.

Namunsesungguhnya, Boeing 707 itu merupakan pesawat tanker raksasa yang berfungsi untuk air refueling bagi semua jet tempur Israel ketika penerbangannya mulai mencapai separuh wilayah Irak.

Selain dikamuflase oleh Boeing 707, armada jet tempur Israel juga dibantu oleh pesawat yang dioperasikan untuk perang elektronika (electronic warfare & communications).

Baca Juga: Situasi Timur Tengah kian Memanas, 15 Roket Siluman Hantam Pangkalan Militer AS di Irak, 2 tentara Amerika Meregang Nyawa

Tujuan penggunaan pesawat untuk peperangan elektronik itu adalah untuk mengkoordinasi komunikasi dan komando di udara.

Saattiba di atas wilayah Irak dan tinggal menempuh setengah perjalanan menuju Tuwaitha, semua jet tempur mengisi bahan bakar di udara.

Setelah proses air refueling usai, Boeing 707 segera memisahkan diri dan dikawal dua pesawat tempur yang berfungsi sebagai pelindung.

Penerbangan Boeing 707 sengaja memotong jalur.

Dengan jalurpenerbangan di atas Suriah dan dua pesawat tempur pengawal berbalik arah dan langsung menuju ke pangkalan Beersheba.

Baca Juga: Kini Hanya Bisa Menangis Meratapi Nasibnya, Nada Fedullah WNI Eks ISIS Harus Relakan Cita-citanya jadi Dokter Setelah Tak Tahu Dibawa Ayahnya ke Suriah

Sementara itu, jet-jet tempur yang bertugas menghancurkan reaktor nuklir Irak terbang melaju di atas kawasan negaranyadengan formasi terbang rendah sehingga tidak bisa terdeteksi radar.

Penduduk sipil Irak yang berada di ladangbahkan bisa menyaksikan kehadiran pesawat-pesawat tempur Israel.

Namun,mereka tak pernah berpikir bahwa jet-jet tempur itu merupakan pesawat musuh.

Begitu mendekati sasaran, secara tiba-tiba sekumpulan jet tempur Israel melesat ke ketinggian dan kemudian menukik untuk melancarkan serangan udara.

Baca Juga: Situasi yang Sudah Lumayan Adem Kembali Memanas, Diam-diam 3 Roket Hantam Kedubes AS, Diduga Diluncurkan Milis Irak yang Didukung Iran

Manuver jet tempur yang bergerak secara mendadak itu membuat radar Irak yang menangkapnya kebingungan.

Ketika senjata penangkis udara mulai dioperasikan dan pelurunya tak begitu membahayakan jet-jet tempur Israel, bom-bom yang didesain khusus untuk meledakkan bunker berlapis tebal atau baja, mulai berjatuhan.

Reaktor nuklir Irak yang menjadi kebanggaan Presiden Saddam Husein pun luluh lantak dalam hitungan menit.

Usai melancarkan serangan udara yang sukses itu, semua jet tempur Israel terbang melesat menuju negaranya, langsung melintasi kawasan udara Yordania.

Baca Juga: Beda dengan Pengakuan Donald Trump Tempo Hari, Serangan Rudal Iran ke Markas Amerika Serikat ternyata Makan Korban! Ini Jumlahnya

Dengan demikian waktu tempuhnya lebih pendek.

Semua pilot dan pesawat tempur Israel pun tiba di pangkalan Beersheba dengan selamat.

Mereka langsung disambut oleh PM Menachem Begin yang selama tiga jam sebelumnya terus mengikuti perkembangan Operasi Babilon dengan perasaan nervous.

Dunia pun dibuat gempar oleh opersasi serangan udara Israel tersebut.

Sebaliknya, bagi pemerintah Saddam Husein serangan udara Israel merupakan mimpi buruk yang tak terlupakan.(Moh Habib Asyhad/Intisari.ID)

Artikel ini telah tayang di Intisari.ID dengan judul:Mimpi Buruk di Siang Bolong Bagi Irak, Inilah Operasi Babilon, Serangan Udara Tiba-tiba Israel yang Sukses Luluh Lantakkan Reaktor Nuklir Irak

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : intisari.id

Baca Lainnya