Beda dengan Pengakuan Donald Trump Tempo Hari, Serangan Rudal Iran ke Markas Amerika Serikat ternyata Makan Korban! Ini Jumlahnya

Jumat, 17 Januari 2020 | 20:00
Kolase Flickr dan BBC

Suar.ID -Serangan rudal Iran di pangkalan-pangkalan yang menampung pasukan AS di Irak pekan lalu melukai 11 tentara Amerika.

Kendati demikian, Angkatan Darat sebelumnya pernah mengatakan bahwa tidak adakorban yang tercatat, melansir dari laporan militer AS, Kamis kemarin (16/1/2020).

Para pejabat dari koalisi pimpinan AS yang memerangi ISIS di Irakmengatakan kepada CNN dalam sebuah pernyataanbahwa pasukannya menderita gejala-gejalayang berkaitan dengan gegar otak yang muncul beberapa hari setelah serangan terjadi.

Baca Juga: Polisi Menangkap Raja Keraton Agung Sejagat, Penasihat Kerajaan Menegaskan Mereka Bukan Aliran Sesat!

"Meskipun tidak ada anggotamiliter AS yang tewas dalam serangan Iran, 8 Januari lalu di pangkalan udara Al-Asad, beberapa di antaranya dirawat karena gejala gegar otak akibat dampak dari ledakan,"

"Dan sampai dengan saat ini masih dalam proses penyelidikan," kata para pejabat kepadasebuah stasiun berita dalam sebuah pernyataan.

“Karena sangat berhati-hati, anggota militer AS yang diangkut dari Pangkalan Udara Al Asad, Irakmenuju Landstuhl Regional Medical Center di Jerman untuk diagnosa lebih lanjut."

"Ketika dianggap layak untuk bertugas, para anggota militer AS diharapkan untuk kembali ke Irak setelah diagnosa usai dilakukan,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga: Pantas Suka Slonong Boy Keluar Masuk Perairan Indonesia, Ternyata Angkatan Laut China Punya Banyak Kapal Perang Jenis Ini, Sasarannya Memang Enggak Macam-macam

Serangan itu diluncurkan sebagai pembalasan atas serangan rudal AS yang menewaskan Jenderal Iran, Qassem Soleimani minggu sebelumnya.

Setelah serangan Iran, Trump mengatakan tidak ada anggotamiliter AS yang terluka atau terbunuh.

Seorang pejabat militer mengatakan kepada CNN bahwa perbedaan itu disebabkan oleh tentara yang mengalami gejala beberapa hari setelah serangan dilakukan.

“Pernyataan tersebutadalah penilaian komandan saat itu (ledakan terjadi).Gejala muncul beberapa hari setelah fakta telah diumumkan, dan mereka (anggota militer AS yang terluka) dirawat secara hati-hati, ”kata pejabat itu.

New York Post
New York Post

Tentara AS memeriksa lokasi di mana sebuah rudal Iran menghantam pangkalan udara Ain al-Asad.

Baca Juga: Kedaulatan Indonesia Sempat Diusik Saat Kapal China Masuki Perairan Natuna, Sosok Ini Malah ingin Kerja Sama dengan China Kelola Natuna, Kok Bisa?

Pangkalan Militer Amerika Serikat Dibombardir Puluhan Rudal, Presiden Donald Trump Berjanji akan Balas Iran

Setelah pangkalan militer Amerika Serikat dibombardir oleh puluhan rudal Iran,akankah Presiden Donald Trump melancarkan serangan balasan?

Diberitakan olehBBC, dalam konferensi pers pada Rabu (8/1/2020) sore waktu setempat, Trump tak mengumumkan operasi militer balasan.

Trump juga mengatakan bahwa serangan Iran tak menimbulkan korban.

Baca Juga: Sulit Dipercaya, Iran ternyata Punya 'Armada Lumba-lumba', Dilatih untuk Meledakkan Kapal Selam dalam Serangan Bunuh Diri!

Ia mengklaim tidak ada pasukan AS yang terluka akibat hantaman rudal balistik di Ain al-Assad dan Irbil.

"Tidak ada orang Amerika yang terluka dalam serangan semalam oleh Iran," kata Trump.

Ia juga menambahkan bahwa konfrontasi kedua belah pihak dapat dicegah dengan kekuatan ekonomi dan militer yang dimiliki AS.

"Kekuatan Amerika, baik militer maupun ekonomi, adalah pencegah terbaik. Fakta bahwa kita memiliki militer dan peralatan hebat ini, tidak berarti kita harus menggunakannya," lanjut Trump.

BBC
BBC

Baca Juga: Tidak hanya Menimbulkan Perang Dunia III saja, Inilah yang akan terjadi kepada Indonesia apabila Konflik antara Iran dan AS Pecah!

Trump juga mengatakan AS akan segera menjatuhkan sanksi keuangan dan ekonomi tambahan pada Iran.

Di mana sanksi akan tetap berlaku sampai Iran "mengubah perilakunya".

Dia juga meminta aliansi Atlantik Utara (NATO) untuk lebih terlibat dalam mengawasi proses di Timur Tengah.

Trump mengakhiri konferensi pers dengan menyatakan, dia ingin masa depan yang baik rakyat Iran.

Baca Juga: Viral Video Pesawat Ukraina yang Diduga Terkena Rudal dari Iran dan Menewaskan 176 Penumpang di Dalamnya

"Amerika Serikat siap untuk mengumandangkan perdamaian dengan semua pihak yang menginginkannya," jelas Trump dikutip CBS News.

Sebelumnya, Komandan Pasukan Quds, Qasem Soleimani tewas bersama dengan wakil pemimpin jaringan milisi pro-Teheran Hashed al-Shaabi, Abu Mahdi al-Muhandis.

Keduanya terbunuh pada 3 Januari setelah mobil yang mereka tumpangi dihantam rudal oleh drone AS di Baghdad, Irak.

Pentagon menyatakan, mereka harus melenyapkan jenderal 62 tahun itu karena dianggap aktif merencanakan serangan terhadap kepentingan AS di Timur Tengah.(Suar.ID)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : CBS News, CNN, BBC

Baca Lainnya