Patut Dicontoh, Berpenduduk Hampir 100 Juta Jiwa dan Berbatasan dengan China, Negara Ini Berhasil Catatkan 0 Kasus Kematian akibat Covid-19! Bagaimana Caranya?

Senin, 01 Juni 2020 | 18:15
Vatsyavana

Physical Distancing di Vietnam.

Suar.ID -Ketika dunia melihat ke Asia untuk contoh sukses dalam menangani pandemi Covid-19, banyak perhatian dan pujian diberikan kepada Korea Selatan, Taiwan dan Hong Kong.

Tapi ada satu kisah sukses yang terlewatkan, yakni Vietnam.

Negara berpenduduk 97 juta orang tersebut belum melaporkan satu pun kasus kematian akibat virus corona di wilayahnya.

Berdasarkan data worldometers.info, hingga Minggu (31/5/2020), Vietnam telah mengonfirmasi sebanyak 328 kasus covid-19 di negaranya tanpa ada tambahan kasus baru sejak hari Sabtu.

Baca Juga: Ternyata Ini Sosok George Floyd, Warga Amerika Serikat yang Kematiannya Picu Demonstrasi Besar-besaran di Negeri Paman Sam

Hal tersebut merupakan suatu hal yang luar biasa, mengingat Vietnam berbatasan dengan China, negara pertama yang mengkonfirmasi kasus Covid-19, dan menerima kunjungan jutaan wisatawan China setiap tahunnya.

Ini semua lebih luar biasa mengingat Vietnam adalah negara berpenghasilan menengah ke bawah dengan sistem perawatan kesehatan yang tidak lebih maju daripada yang lain di wilayah tersebut.

Menyadur dariCNN, Bank Dunia hanya memiliki 8 dokter untuk setiap 10.000 orang, sepertiga dari rasio di Korea Selatan, menurut Bank Dunia.

Setelah tiga minggu menerapkan lockdown secara nasional, Vietnam mencabut aturan social distancing pada akhir April.

Baca Juga: Puluhan Tahun Kematian Ibu Tien Menjadi Misteri, Akhirnya Ajudan Soeharto Ungkapkan Hal yang sebenarnya Terjadi di Hari yang Membuat Satu Indonesia Berduka Itu

Belum dilaporkan adanya infeksi lokal selama lebih dari 40 hari.

Bisnis dan sekolah telah dibuka kembali, dan kehidupan secara bertahap kembali normal.

Meski ada yang meragukan jumlah angka resmi Covid-19 di Vietnam dan menganggap pencapaian tersebut tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Tetapi Guy Thwaites, seorang dokter penyakit menular yang bekerja di salah satu rumah sakit utama yang ditunjuk oleh pemerintah Vietnam untuk merawat pasien Covid-19, mengatakan jumlahnya sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Baca Juga: Kim Jong Un baru Bangkit dari 'Kematian', Korut Langsung Kecam Latihan Militer yang Diadakan oleh Korsel, sambil Berikan Ucapan Ini ke China: Musuh Tetaplah Musuh Sepanjang Masa

"Saya pergi ke bangsal setiap hari, saya tahu kasusnya, saya tahu tidak ada kematian," kata Thwaites, yang juga mengepalai Unit Penelitian Klinis Universitas Oxford di Kota Ho Chi Minh.

"Jika Anda memiliki penularan komunitas yang tidak dilaporkan atau tidak terkontrol, maka kita akan melihat kasus di rumah sakit kami, orang yang datang dengan infeksi pernapasan mungkin tidak terdiagnosis, hal itu tidak pernah terjadi," katanya.

Baca Juga: Sudah Merenggut lebih dari Seperempat Juta Nyawa Penduduk Dunia, Jerinx dengan tegas Mengatakan bahwa Virus Corona hanyalah Konspirasi hingga Mengaitkannya dengan Internet 5G, Apa Hubungannya?

Jadi bagaimana Vietnam berhasil mengatasi momok Covid-19?

Jawabannya, menurut para ahli kesehatan masyarakat, terletak pada kombinasi berbagai faktor.

Mulai dari respons awal pemerintah yang cepat untuk mencegah penyebarannya, hingga pelacakan kontak yang ketat dan karantina serta komunikasi publik yang efektif.

Baca Juga: Masih Sayang Nyawa, Jangan Campurkan 3 Bahan Pelengkap ini ke Nasi Goreng, Ternyata Bisa Sebabkan Kematian!

Bertindak lebih awal

Tribun Palu
Tribun Palu

Vietnam mulai mempersiapkan wabah virus corona berminggu-minggu sebelum kasus pertamanya terdeteksi.

Pada saat itu, otoritas China dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa tidak ada "bukti jelas" untuk penularan dari manusia ke manusia.

Tetapi Vietnam tidak mengambil risiko.

"Kami tidak hanya menunggu pedoman dari WHO.

Kami menggunakan data yang kami kumpulkan dari luar dan dalam (negara untuk) memutuskan mengambil tindakan lebih awal," kata Pham Quang Thai, wakil kepala Departemen Pengendalian Infeksi di National Institute of Kebersihan dan Epidemiologi di Hanoi.

Pada awal Januari, pengecekan suhu sudah dilakukan untuk penumpang yang tiba dari Wuhan di bandara internasional Hanoi.

Para pelancong yang ditemukan dengan demam diisolasi dan diawasi dengan ketat, stasiun penyiaran nasional negara itu melaporkan.

Pada pertengahan Januari, Wakil Perdana Menteri Vu Duc Dam memerintahkan lembaga-lembaga pemerintah untuk mengambil "langkah drastis" untuk mencegah penyakit itu menyebar ke Vietnam, memperkuat karantina medis di gerbang perbatasan, bandara dan pelabuhan.

Pada 23 Januari, Vietnam mengonfirmasi dua kasus virus corona pertama, yakni seorang warga negara China yang tinggal di Vietnam dan ayahnya, yang telah melakukan perjalanan dari Wuhan untuk mengunjungi putranya.

Keesokan harinya, otoritas penerbangan Vietnam membatalkan semua penerbangan dari dan menuju Wuhan.

Ketika negara itu merayakan liburan Tahun Baru Imlek, Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc menyatakan perang terhadap virus corona.

"Memerangi epidemi ini seperti memerangi musuh," katanya pada pertemuan Partai Komunis yang mendesak pada 27 Januari.

Tiga hari kemudian, ia membentuk komite pengarah nasional untuk mengendalikan wabah pada hari yang sama WHO mengumumkan virus corona di hadapanpublik yang menyatakan darurat kesehatan yang menjadi perhatian internasional.

Pada 1 Februari, Vietnam mengumumkan epidemi nasional dengan hanya enam kasus yang dikonfirmasi yang tercatat di seluruh negeri.

Semua penerbangan antara Vietnam dan China dihentikan, diikuti dengan penangguhan visa kepada warga China pada hari berikutnya.

Selama bulan ini, pembatasan perjalanan, karantina kedatangan, dan penangguhan visa diperluas dalam cakupan ketika virus corona menyebar ke luar China menuju ke negara-negara seperti Korea Selatan, Iran dan Italia.

Vietnam akhirnya menghentikan sementara semua orang asing pada akhir Maret.

Vietnam juga cepat mengambil tindakan lockdownproaktif.

Pada 12 Februari 2020, Vietnam mengunci seluruh komunitas pedesaan yang terdiri dari 10.000 orang di utara Hanoi selama 20 hari karena tujuh kasus virus corona, lockdownbesar-besaran pertama yang diketahui di luar China.

Sekolah dan universitas, yang telah dijadwalkan untuk dibuka kembali pada bulan Februari setelah liburan Tahun Baru Imlek, diperintahkan untuk tetap ditutup, dan hanya dibuka kembali pada bulan Mei.

Thwaites, pakar penyakit menular di Kota Ho Chi Minh, mengatakan kecepatan respons Vietnam adalah alasan utama di balik keberhasilannya.

"Tindakan mereka pada akhir Januari dan awal Februari jauh di depan banyak negara lain dan itu sangat membantu mereka untuk dapat mempertahankan kontrol," katanya seperti diwartakanCNN.

Baca Juga: Mengapa DKI Jakarta Punya Kasus Terparah Covid-19 dengan Angka Kematian Tertinggi? Begini Penjelasan Ahli...

Pelacakan kontak yang cermat

Pixabay
Pixabay

Ilustrasi pandemi corona.

Tindakan awal yang menentukan secara efektif membatasi penularan masyarakat dan menjaga agar kasus-kasus yang dikonfirmasi Vietnam hanya 16 pada 13 Februari.

Selama tiga minggu, tidak ada infeksi baru sampai gelombang kedua melanda pada Maret, yang dibawa oleh orang-orang Vietnam yang kembali dari luar negeri.

Pihak berwenang dengan ketat melacak kontak pasien Covid-19 yang dikonfirmasi dan menempatkan mereka dalam karantina wajib selama dua minggu.

"Kami memiliki sistem yang sangat kuat: 63 CDC provinsi (pusat-pusat pengendalian penyakit), lebih dari 700 CDC tingkat kabupaten, dan lebih dari 11.000 pusat kesehatan, semuanya terhubung denganpelacakan kontak," kata Dokter Pham dengan National Institute Kebersihan dan Epidemiologi.

Pasien Covid-19 yang dikonfirmasi harus memberikan daftar lengkap semua orang yang dia temui kepada petugas kesehatan dalam 14 hari terakhir.

Pengumuman ditempatkan di surat kabar dan disiarkan di televisi untuk memberi informasi kepada masyarakat di mana dan kapan seorang pasien virus corona.

Juga menyerukan orang untuk pergi ke otoritas kesehatan untuk menguji apakah mereka juga ada di sana pada waktu yang sama, kata Pham.

Ketika rumah sakit Bach Mai di Hanoi, salah satu rumah sakit terbesar di Vietnam, menjadi hotspot virus corona dengan lusinan kasus pada bulan Maret, pihak berwenang memberlakukan lockdownpada fasilitas tersebut dan melacak hampir 100.000 orang yang terkait dengan rumah sakit, termasuk petugas medis, pasien, pengunjung dan kontak dekat mereka, menurut Pham.

"Menggunakan pelacakan kontak, kami menemukan hampir semua orang, dan meminta mereka untuk tinggal di rumah dan karantina sendiri, (dan itu) jika mereka memiliki gejala, mereka dapat mengunjungi pusat kesehatan untuk pengujian gratis," katanya.

Pihak berwenang juga menguji lebih dari 15.000 orang yang terkait dengan rumah sakit, termasuk 1.000 pekerja perawatan kesehatan.

Upaya penelusuran kontak Vietnam sangat teliti sehingga tidak hanya terjadi setelah kontak langsung orang yang terinfeksi, tetapi juga kontak tidak langsung.

"Itu merupakan salah satu bagian unik dari responsmereka."

"Saya rasa kini seluruhnegara telah melakukan karantina ke tingkat itu," kata Thwaites.

Semua kontak langsung ditempatkan di karantina pemerintah di pusat kesehatan, hotel atau kamp militer.

Beberapa kontak tidak langsung diperintahkan untuk mengisolasi diri di rumah, menurut sebuah studi tentang tindakan kontrol Covid-19 Vietnam oleh sekitar 20 ahli kesehatan masyarakat di negara itu.

Pada 1 Mei, sekitar 70.000 orang telah dikarantina di fasilitas pemerintah Vietnam, sementara sekitar 140.000 orang telah menjalani isolasi di rumah atau di hotel, kata penelitian itu.

Studi ini juga menemukan bahwa dari 270 pasien Covid-19 pertama di negara itu, 43 persen adalah kasus tanpa gejala yang menyoroti nilai pelacakan kontak dan karantina yang ketat.

Jika pihak berwenang tidak secara proaktif mencari orang-orang dengan risiko infeksi, virus dapat menyebar dengan diam-diam di masyarakat beberapa hari sebelum terdeteksi.

Baca Juga: Terlilit Utang Malah Kena Tipu, Pria yang Nasibnya Bak Sudah Jatuh Masih Tertimpa Tangga Ini Pilih Akhiri Hidup, Tinggalkan Pesan Kematian

Komunikasi publik dan propaganda

Sejak awal, pemerintah Vietnam telah berkomunikasi dengan jelas dengan publik tentang wabah tersebut.

Situs web khusus, hotline telepon, dan aplikasi telepon dibentuk untuk memperbarui publik tentang situasi terkini wabah dan nasihat medis.

Kementerian kesehatan juga secara teratur mengirimkan pengingat kepada warga melalui pesan SMS.

Pham mengatakan pada hari yang sibuk, hotline nasional saja dapat menerima 20.000 panggilan, belum termasuk ratusan hotline tingkat provinsi dan kabupaten.

Aparat propaganda besar negara itu juga dimobilisasi, meningkatkan kesadaran akan wabah melalui pengeras suara, poster jalanan, pers dan media sosial.

Pada akhir Februari, kementerian kesehatan merilis video musik yang menarik berdasarkan lagu pop Vietnam untuk mengajari orang cara mencuci tangan dengan benar dan tindakan kebersihan lainnya selama wabah.

Dikenal sebagai "lagu cuci tangan," lagu itu segera menjadi viral, sejauh ini menarik lebih dari 48 juta viewsdi Youtube.

Thwaites mengatakan pengalaman Vietnam yang kaya dalam menangani wabah penyakit menular, seperti epidemi SARS dari tahun 2002 hingga 2003 dan flu burung berikutnya, telah membantu pemerintah dan masyarakat untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi pandemi Covid-19.

"Populasi jauh lebih menghormati penyakit menular daripada banyak negara yang mungkin lebih makmur atau negara yang tidak melihat banyak penyakit menular; Eropa, Inggris dan AS misalnya," katanya.

"Negara ini memahami bahwa hal-hal ini perlu ditanggapi dengan serius dan sesuai dengan pedoman dari pemerintah tentang bagaimana mencegah penyebaran infeksi."

(Tribunnewswiki.com/Ami Heppy)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews Wiki dengan judul Berpenduduk 97 Juta Jiwa, Negara Ini Sukses Catatkan Nol Kasus Kematian Akibat Covid-19

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : CNN, Tribunnews Wiki, Worldometers.info

Baca Lainnya