Follow Us

Mengapa DKI Jakarta Punya Kasus Terparah Covid-19 dengan Angka Kematian Tertinggi? Begini Penjelasan Ahli...

Adrie P. Saputra - Jumat, 01 Mei 2020 | 14:15
Ilustrasi virus corona
freepik

Ilustrasi virus corona

Suar.ID - Sejak muncul tiga bulan lalu, angka terkonfirmasi virus corona di Indonesia setiap hari mengalami penambahan.

Saat berita ini ditulis, tercatat sudah ada 10.118 kasus positif Covid-19 dengan jumlah sembuh 1.522 orang dan meninggal dunia 792 orang.

DKI Jakarta menjadi wilayah dengan jumlah kasus virus corona terbanyak dengan 4.175 orang.

Baca Juga: Dengar Cerita Imel Putri Saat Masih Jadi Istri Sirajuddin Mahmud, Fenny Rose Syok Saat Tahu Kalau Ratu Sinetron ini Dapat Larangan 'Enak' dari Sang Mantan Suami, Apa Ya?

Di susul Provinsi Jawa Barat 1.012 orang dan Provinsi Jawa Timur 958 orang.

Melansir dari Kompas.com, muncul sebuah pernyataan mengejutkan kalau polusi di DKI Jakarta menjadi penyebab daerah itu memiliki kasus Covid-19 terparah.

Hal itu disampaikan oleh Guru Besar Universitas Indonesia dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Budi Haryanto belum lama ini.

Baca Juga: Tercium Bau Busuk di Tempatnya, Warga Pun Lapor Polisi, Saat Diperiksa DItemukan Puluhan Mayat di Dalam Truk Tanpa Pendingin, Begini Kisahnya...

Ia meyakini kalau polusi udara di wilayah Jakarta bisa menjadi salah satu pemicu parahnya kasus virus corona di daerah tersebut.

Budi menjelaskan berdasarkan studi Universitas Harvard, ada keterkaitan antara peningkatan 1 gram meter kubik PM2.5 dengan kualitas udara yang berdampak pada meningkatnya kematian akibat Covid-19 sampai pada tingkat 15 persen.

Budi menambahi kalau risiko kematian akibat Covid-19 lebih besar 4,5 kali lipat di wilayah berpolusi PM2.5 dibanding daerah yang berpolusi rendah.

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest